Rabu, 08 Oktober 2014

profil Longnose Gar "Lepisosteus Osseus"




kingdom : animalia
phylum  : chordata
class : actynopterygii
order ;lepisosteiformes
family : lepisosteidae
genus : lepisosteus
species : osseus

maks size : di alam 200 cm, di akuarium/kolam 60-100 cm.
temp : agresif
distribusi di alam : fosil'y di temkan di afrika,asia,amerika utara,amerika tengah,amerika selatan sejak 100 juta tahunan yg lalu , dari 7 species yg tersisa (alligator gar,tropical gar,cuban gar,spotted gar,florida gar,shortnose gar,longnose gar) longnose gar adalah species dengan penyebaran terluas meliputi sungai mississipi,texas,new mexico,kanada,florida, Dakota, Delaware, Pennsylvania sampai mexico



 masa hidup'y bisa sampai 20 tahun di alam,betina bisa sampai 39 tahun,di tangan hobiis relatif tergantung kemampuan si hobiis itu sendiri, lebih baik anda sudah siapkan kolam kalau mau pertumbuhan'y maksimal atau akuarium super besar standar pemeliharaan lebar akuarium minimal dua kali panjang si ikan,anda lihat uk maksimal ikan ini sama sekali ga cocok di akuarium uk normal,akuarium 1 meter hanya cocok untuk pembesaran.
 knp ga cocok di akuarium rumahan?
liat foto longnose gar dewasa



dibawah ini harus'y anda tau jawaban'y ya.



relatif lebih agresif dibanding florida gar (nama umum di indonesia aligator biasa) di uk yg sama gigi longnose lebih panjang dan runcing dibanding florida.
set up akuarium kalau bisa air tenang,bisa dilihat dari postur'y ini bukan ikan arus deras,
type'y lebih ke ambush predator dgn menyergap ikan atau hewan kecil yg mendekat ke moncong'y,longnose gar type substrate spawning sesudah bertelur mereke ga urus anaknya seperti snakehead "channidae family" (soal channidae bisa baca dipostingan saya yg lain) , saat lahir juvenil longnose/gar sudah harus berjuang sendiri untuk hidup,biasanya secara instingtif mereka (longnose gar kecil) berenang ke tempat2 dangkal yg banyak dipenuhi rumput air atau tanaman2 air , predator bagi anak longnose gar yaitu burung,alligator, gar lain yg uk besar atau sudah dewasa,ikan2 predator lainnya misal essox,large mouth bass.
telur mereka (gar) beracun bagi sebagian makhluk tapi beberapa ikan bisa mentolerir telur gar.
setau saya juga tidak sampai mematikan buat manusia,kalo ga percaya silahkan coba tapi ane ga tanggung jawab hahaha.
mereka biasa memijah di musim semi ke musim panas ,biasanya pemicunya perubahan suhu udara dan suhu didalam air, saat akan memijah mereka biasanya mencari tempat/perairan2 dangkal yg banyak tanaman air'y atau batu2an,kadang dangkal bgt ampe badan mereka nyembul keluar air,biasanya satu betina bisa memijah dgn beberapa jantan,bisa sampe 15 ekor jantan kawin sama 1 betina.
uk betina bisa 2-3 kali ukuran jantan'y, teknis'y mereka jantan kejarkejar betina dan saling menggesek2an organ reproduksi,lalu telur dan spermanya dikeluarkan bersama2,sekali bertelur longnose/gar bisa mengeluarkan 20 ribuan telur bahkan tercatat pernah 77 ribu telur.
seperti dijelaskan diatas gar tidak parental guide,sesudah memijah mereka berlalu begitu saja.





di indonesia sendiri agak susah ya cari jenis ini apalagi di ukuran 20 cm'an kebawah sebelum batch skr 2014 ada terakhir nemu longnose kecil sekitaran 2011 lalu,harga relatif sekitar 250 ribu ke atas.
saya ada kenalan breeder dia punya banyak longnose semuanya jantan,dan beberapa batch di atas itu hasil import dari thailand label'y CB (captive breed/hasil penangkaran) soal'y di amerika sendiri gar dilarang keluar dari amerika teknis hukum'y agak berbeda2 tergantung negara bagian.

EDIT 2015
skr mulai banyak beredar longnose uk 10-15 cm

saya kasih wejangan sedikit cara keeping longnose gar.
ukuran minimum tank kalau ingin sampai ukuran maksimal tentu akuarium 3 meter ke atas sangat rekomended siapin kolam deh , pemeliharaan diusia muda ngaruh ke ukuran maksimal yang dia dapet , ukuran 50 cm up sudah harus keluar dari akuarium 1 meter kalo ga mau longnosenya bantet.
setup akuarium banyakin area renang terbuka.
makanan bagus dikasih seling2 ikan,serangga,kodok.
 


perbandingan above view (atas ke bawah)
alligator gar "atractosteus spatula" (nama umum di kita aligator spatula/spatula)
florida gar "lepisosteus platyrhincus" (nama umum di kita aligator biasa)
longnose gar "lepisosteus osseus"
pict credit marcel laurence



perbandingan longnose gar "lepisosteus osseus" *bawah dengan shortnose gar "lepisosteus platostomus" *atas
pict credit cougarw



get da conclusion bro why they call LONGnose Gar ? :D


Longnose gar piaraan saya dulu.











foto longnose gar keren, pic dari google






must have fish pokok'y.
best   re GAR d

temui penulis di grup facebook " world of gar fish "
clik link dibawah atau search di kolom pencarian facebook "world of gar fish "

world of gar fish




Mahamaya Hiko  -M.Hiko-









2 komentar:

  1. Mantap Postinganya...tapi kurang lengkap tanpa adanya Siklus Hidup ikan Alligator garnya....tapi Terima Kasih anyak ini sudah Sangat Membantu....

    BalasHapus