Sabtu, 20 Februari 2016

Biotope

hallo , kali ini saya akan coba bawa tema sedikit berat "Biotope" , salah satu alasan saya menulis biotope adalah adanya kontes yang di selenggarakan oleh komunitas Bandung fish keepers , kalau tidak ada perubahan jadwal rancananya berlangsung 15,16,17 april 2016 , di giant , pasteur, Bandung.



tulisan ini sebagai panduan "dasar" secara umum mengenai biotope bagi siapa saja pembaca blog ini tapi juga khususnya diperuntukkan bagi teman2 yang akan ikut di kontes biotope komunitas bandung Fish Keepers , panduan teknis juga ideologi biotope dalam pandangan subjektif penulis , karena saya juga rencananya masuk tim juri di kontes biotope BFK nantinya.

 biotope menurut wikipedia
definisi biotope menurut wikipedia

Biotope adalah : suatu daerah kondisi lingkungan specifik yang menyediakan tempat hidup bagi sekumpulan tanaman dan hewan

Biotope "hampir" sinonim dengan arti Habitat , hanya saja kata habitat lebih umum digunakan di negara2 berbasis bahasa inggris
Namun, di beberapa negara kedua istilah ini dibedakan: subjek habitat adalah populasi, subjek biotope adalah sebuah biocoenosis atau komunitas biologis

berasal dari bahasa yunani  bios = 'hidup' atau 'organisme' dan topos = 'tempat'.  
Kata biotope, secara harfiah diterjemahkan, berarti daerah di mana ada kehidupan.

Konsep biotope sebuah pertama kali dianjurkan oleh Ernst Haeckel (1834-1919), seorang ahli zoologi Jerman yang terkenal untuk teori rekapitulasi. Dalam bukunya General Morfologi (1866), yang mendefinisikan istilah "ekologi", ia menekankan pentingnya konsep habitat sebagai prasyarat untuk keberadaan organisme. Haeckel juga menjelaskan bahwa dengan satu ekosistem, biota yang dibentuk oleh faktor lingkungan (seperti air, tanah, dan fitur geografis) dan interaksi antara makhluk hidup; ide asli dari biotope sebuah erat kaitannya dengan teori evolusioner. Berikut ini, F. Dahl, seorang profesor di Berlin Zoological Museum, disebut sistem ekologi ini sebagai "biotope" (Biotop) (1908).

biotope dalam konteks aquaris 
Istilah "biotope" juga digunakan oleh penggemar akuarium untuk menggambarkan setup akuarium yang mencoba untuk mensimulasikan habitat alami ikan tertentu. Idenya adalah untuk meniru kondisi seperti parameter air, tanaman alami, jenis air (segar, garam atau payau), pencahayaan, dan termasuk ikan asli lainnya yang biasanya hidup bersama di alam dan dengan demikian, merupakan tertentu biotope dunia nyata. Contoh dari satu jenis biotope Amerika Selatan mungkin banyak rawa-kayu, beberapa tanaman asli, substrat gelap dan lampu tenang dengan tanaman mengambang, bersama dengandiscus,angel fish, kardinal tetra,neon tetra, otos, Corys dan plecostomus.

contoh visual , biotope amerika selatan
pict taken from http://chooksunderwaterden.blogspot.co.id/2012/09/south-american-biotope-522.html


pict taken from http://aquaristmagazine.com/tag/south-american-biotope/


tema south american blackwater  
pict taken from :http://www.practicalfishkeeping.co.uk/content.php?sid=4893



tema kalimantan blackwater
pict taken from : http://borisyakov.blogspot.co.id/2012/12/nano-biotope-aquariums.html



pict taken from : http://www.top-aquariums.com/en/example-no-30709_uid30709.html


 



jadi istilah Biotope tidak hanya suatu habitat berair ada ikan dan tanaman , tapi sesuai dengan konteks biotope yang penulis maksud adalah biotope dalam konteks akuaris .

biotope dlm kontek akuaris : kita membentuk/mencontoh suatu habitat dari daerah tertentu dengan detail yang spesifik.
detail spesifik yang dimaksud ,contoh membuat biotope tema kalimantan  , dengan ikan boraras sp didalamnya kalau anda memasukan juga ikan neon tetra maka ga lagi bisa disebut biotope kalimantan karena neon berasal dari amerika selatan, begitu juga dengan tanaman kalau membuat biotope tema amerika selatan kalau ada juga misal java fern, bucephalandra sp. yg bukan berasal dari amerika selatan sesuai temanya maka ga bisa disebut biotope , maka biotope itu hewan dan tanaman, parameter airnya spesifik 

satu hal yang menarik juga sebagian hobiis "kita",asal ada tanaman air dlm tank langsung sebut aja biotope , padahal banyak sekali habitat/biotope2 yg tidak ada tanamannya contoh biotope2 black water baik amerika selatan atau kalimantan,dan black water lainnya biasanya hanya berisi kayu2 ranting,daun2 mati,jadi tanaman bukan faktor esensial dan penting dalam biotope, tapi dalam konteks kontes tanaman yang benar pada tema tertentu bisa jadi faktor anda dapat nilai tinggi.

diatas ada contoh beberapa biotope yang lazim di pakai hobiis (kunjungi juga link dari foto2 itu berasal mungkin dapat pengetahuan baru), ada tema amerika selatan, blackwater amerika selatan, tema borneo stream, masih banyak type atau biotope yang anda bisa coba misal, clear water, arus deras, tema rawa, tema afrika,amerika tengah, australia bahkan anda bisa mulai dari yang terdekat, sungai,danau,rawa2 terdekat dari anda.

kunjungi juga link ini sebagai referensi 
Biotope Aquarium Design Contest 2013 (all fot aquarium)

teknis kontes Nano biotope Bandung Fish Keepers

jadwal : 15,16,17 april 2016
lokasi ; Giant ,pasteur bandung 
uk akuarium : 30 x  x 20 

penilaian ; 
1. estetika
2. detail
3. ciri khas












1 komentar:

  1. boleh minta daftar pustakanya? refrensi bukunya, atau situsnya

    BalasHapus