Kamis, 15 September 2016

channa andrao dimusim hujan (channa andrao part 4)

 Bandung,2016


 channa andrao jantan penulis.


halo apa kabar pembaca....
postingan kali ini saya coba mau posting lagi channa andrao masih pair yang sama dengan yang saya post beberapa saat lalu,dibawah ada link yang berkaitan dengan postingan kali ini bisa di lihat buat flash back .


channa andrao part 1 (profil dan cara pemeliharaan)
channa andrao part 2 (foto2 keluarga channa andrao)
channa andrao part 3 (pertumbuhan channa andrao)


saya posting dengan foto2 yg lebih fresh ,mungkin bisa menginspirasi pembaca.
foto2 dibawah diambil menggunakan camera digital olympus 12 mp dan camera handphone 8 mp

sedikit cerita, pair ini sempat dipindah2 ke tank yang lebih besar juga pernah ke kolam,sampai akhirnya kembali kerumah awalnya.


channa andrao jantan dalam breeding mode.



 pada dasarnya saya kurang suka ada benda non natural di dalam tank,misal paralon menurut saya jelek kalau kita lihat dari segi estetika,tapi kendi ini sangat luar biasa fungsinya apalagi andrao type mouthbrooder,pembaca bisa lihat dia sanggup menahan udara ,artinya ketika kita bicara dalam konteks tempat sembunyi seperti sering saya bilang atau dibanyak literatur,tank channa yang baik minimal ada stu tempat sembunyi yang bisa membuat dia merasa aman karna channa/parachanna butuh sesekali tidak terlihat satu sama lain secara visual baik (baca:bahkan) pair ataupun nonpair.
hebatnya kendi ini dia menampung udara artinya ketika channa sembunyi dia bisa ambil udara tanpa perlu keluar dari tempat sembunyinya makanya channa yg sedang dibully biasanya kalau ada tempat dekat permukaan misal tanaman yang menjuntai kepermukaan air dia akan sembunyi disana,dengan tujuan bisa ambil nafas kepermukaan tanpa perlu melakukan banyak gerakan dan tanpa terlihat oleh channa alphanya,jadi bisa pakai tanaman2 yang seperti valisneria sp atau teratai.
sepereti saya bilang saya sebetulnya tidak suka kendi ini kalau tidak karena fungsinya ,tapi saya akali dengan menutupi kendi tersebut dengan tanaman valisneria sp disekelilingnya .

channa andrao jantan sedang gendong telur di dalam (selanjutnya saya sebut) "kendi sakti"


ga begitu kelihatan kan ya kedi saktinya.


umum dalam masa kawin channa membuka insang saat berpapasan dengan pasangannya,gestur ajakan kawin,bedanya tidak ada perubahan warna pada mata dan badan seperti saat flaring dalam mode agresif.



pada dasarnya ini postingan ringan aja, apa yang perlu pembaca tau rasanya sudah ditulis di postingan sebelumnya, yang paling sulit dari sebuah pendapat adalah "benar tanpa menyalahkan,tinggi tanpa merendahkan" ,saya sadari kadang postingan saya kadang seperti menyalahkan cara keeping tertentu,tapi tidak mungkin meninggalkan subjektifitas dalam sebuah tulisan ,tulisan tulisan berawal dari pemikiran ,pemikiran beawal dari pembicaraan2 dan pengalaman,pada akhirnya kebijaksanaan dan pengetahuan mempengaruhi bobot tulisan itu sendiri....
yang sahih bagi saya belum tentu bagi anda , mari ringankan hati aja di dunia hobi ini...


regard.

mahamaya hiko.

vamos channidae !!!









6 komentar:

  1. Saya masih mengikuti postingan anda sampai saat ini,Mahamaya Hiko is the best,tulisan demi tulisan anda sangat berbobot,terasa dari segi membacanya,ketikan tangan anda dari hasil pengalaman anda..
    Semoga kelak saya bisa mengikuti jejak keberhasilan anda,semangat mas Hiko,πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ™

    BalasHapus
  2. Mas hiko, mau tanya. Baiknya andrao yang nau dipairkan diskat berapa minggu ya? Dan ciri" andrao yang sudah pair atau akur yang seperti apa mas? Terimakasih mas, salam dari wong Jogja

    BalasHapus
  3. Tank yg rekomen ukuran brp bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70x30x40. Punya saya masih diskat. Masih flaring tapi tidak begitu agresif. Sudah 2 minggu belum dibuka skat nya

      Hapus
  4. Apa bisa kita tahu kelamin andrao dari ukuran 5-6cm?
    Jika bisa apakah ada kiat tertentu?,semoga dapat di bahas di bahasan selanjutnya.

    BalasHapus