Selasa, 08 Desember 2015

hampala macrolepidota , ikan predator penghuni perairan deras , profil dan cara pemeliharaan.



 Hampala macrolepidota penulis



SCIENTIFIC CLASSIFICATION 
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Cypriniformes
Family: Cyprinidae
Genus: Hampala
Species: Hampala macrolepidota
Common Names: Jungle Perch, Hampala barb
ukuran maksimal : 50-70 cm

 distibusi : Currently-considered to range eastwards from Myanmar through Thailand as far as the Mekong drainage in Laos, Cambodia, Vietnam, and southwestern China, and to the south through Peninsular Malaysia and the Greater Sunda Islands of Borneo, Sumatra, and Java.

nama lokal di indonesia : Baragalan "sunda" , sebarau "kalimantan"

halo, kali ini saya mau buat artikel singkat soal hampala request dari seorang teman.

dalam genus hampala ada Tujuh species ,yaitu.

1. hampala macrolepidota kuhl & van hesselt (1823)
pict credit nonn panitvong,pict taken from seriouslyfish


2. hampala ampalong bleeker (1852)
pict credit : blackghost ,taken from cichlidae . com

dist : sumatera,borneo
uk maks : 15-20 cm


3. hampala bimaculata  popta (1905)
pict credit michael lo , pict taken from seriouslyfish

dist : endemik kalimantan ,sungai bo dan kajan.
uk maks : 40-50 cm

4. hampala dispar H.M.smith (1934)
pict copyright hakon haraldseide ,from seriously fish.




Considered endemic to the section of the Mekong river basin which flows through northern Laos before forming the border with Thailand and eventually entering Cambodia just below the Khone Pha Pheng falls. It’s distribution thus overlaps that of its widespread congener H. macrolepidota

ukuran maksimal 30-35 cm

 

5. hampala lopezi herre (1924)
pict soon

dist  Borneo to Indo-China and Siam; Langbuan, Busuanga, Philippines.
 maks size 8 cm


6. hampala sabana  inger & p.k.chin (1982)




pict credit michael lo,pict taken from seriouslyfish

dist : endemic sabah,kinangbatangan
uk maks : 35-41 cm




7.  hampala salweenensis A.doi & Y.taki (1994)
pict credit nonn panitvong,pict taken seriouslyfish

dist : salween basin
uk maks : 20 cm



cukup sekilas aja ya soal jenis2 lainnya,karna fokus kita di macrolepidota
lanjut.


Habitat

hampala macrolepidota berhabitat biasanya di sungai berair jernih,berarus,dengan kadar oksigen tinggi, dengan dasar pasir,batu2an sungai,atau juga lumpur meski juga didapati di sungai hampir tidak berarus, ditemui di daerah rendah juga tinggi.
di beberapa lokasi mereka lebih sering berkumpul di aliran utama sungai,dan sering berada diantara ranting atau kayu2 dari pohon yg tumbang.

hampala macrolepidota,di alam,bisa pembaca lihat aliran jernih berarus,itu salah satu contoh visual habitat hampala,yg membuat hampala di foto ini memiliki warna memukau.


where pict taken : http://fishing-nation.org/freshwater/malaysia/hb001/hb001.html


Ukuran Minimum akuarium dan set up yang tepat

untuk memberi rumah yang layak untuk ikan yg mampu tumbuh hingga 50-70 cm,sudah pasti butuh tank yg sangat besar , kalau kita mau ikuti prosedur pemeliharaan yang baik minimal lebar tank 2-3 kali panjang tubuh ikan,so ketika ukuran sudah 30-40 cm saya sarankan sudah masuk kolam .
patokan untuk setup adalah habitatnya, saya sarankan pembaca menggunakan batu2 sungai sebagai dasarnya atau pasir malang , untuk filtrasi bisa pakai jenis mana saja,internal,atas,samping,canister, btw guna pasir malang dan batu2an sungai sendiri selain membuat terlihat alami akan membuat ikan terlihat lebih bagus formnya,di akua polos cenderung pucat hampalanya.
hampala diketahui menyukail tempat yang berarus,arus bisa di dapat dari power head kapasitasnya tentu di sesuaikan dengan ukuran akuarium anda.
untuk hampala saya rasa jangan diberi tambahan kayu atau tanaman,karna menurut penulis malah akan mengganggu area renangnya.

suhu tank 24-28 ' c , karna alam tau lebih baik ,meski dibeberapa tempat dia hidup disuhu misal 24' c belum tentu saat anda keep dia di akuarium dgn suhu sama dengan disungai dia akan nyaman,kurang lebih itu pengalaman saya keep red mahseer wild catch aceh,yg tidak mau makan dan menderita white spot di suhu 26' c padahal itu suhu di sungainya,akhirnya sehat dan rakus setelah saya menaikan suhu ke 29-30' c, setelah ikan sembuh ,saya turunkan lagi suhu ke 28' c ,maka heater diperlukan sebagai persiapan apabila hampala anda stres atau sakit,teorinya mahseer dengan hampala sama .

Hampala macrolepidota penulis.

makanan

hampala adalah predator di perairan utama,makanan utamanya adalah ikan ,dia akan memakan apa saja ikan yg muat dimulutnya, di usia kecil hampala diketahui memakan serangga juga.

tankmate

bisa digabung dengan ikan predator atau non predator dengan ukuran sama dan growht rate seimbang,tapi penulis sarankan pelihara beberapa ekor hampala karna di alam juga hampala diketahui berenang bergerombol,dan feeding time dengan beberapa ekor hampala jauh lebih seru dibanding satu ekor aja.

hampala macrolepidota penulis





opini penulis

untuk saya hampala adalah salah satu ikan predator lokal yang mesti pembaca coba sendiri memeliharanya, dengan setup yang tepat warnanya cantik sekali ditambah mulut besar yang membuat dia terlihat garang saat dewasa ,(*note ,hampala terbesar yg penulis lihat di akuarium utama laksana akuarium,bandung,approx 50-60 cm, seukuran itu luar biasa garang tampilannya,)
fisiknya yang memang diciptakan untuk perairan kencang membuat dia memiliki kecepatan tinggi, yang bahkan ga bisa disaingi peacock bass dalam pertarungan kecepatan saat  perebutan makanan, (note : ukuran hampala dan peacock bass saya saat itu sama)
must have or at least must try to keep.







18 komentar:

  1. Thanks mas Hiko,
    dah nulis tentang Hampala, salah satu ikan predator Indo yg musti dikenalkan di jagad monster fish keeper..
    di Youtube masih sedikit banget video Hampala di tank..


    BalasHapus
    Balasan
    1. thx juga suda mampir mas dika, sebenernya diluarnegeri malah udah terkenal sih hampala di kalangan penghobi ikan predator walau lebih terkenal sbg game fish,karna memang ga cuma ada di indonesia,di indo malah ga terlalu terkenal atau dilirik.

      Hapus
    2. https://youtu.be/wXZTvVosVPQ


      hampala indonesia mantap

      Hapus
  2. keren ngak pernah bosen baca-baca blognya om Hiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya, walau saya nulis sbg hobi aja,tapi kalau ada yg mengapresiasi jadi pemicu juga untuk tetep nulis.

      Hapus
  3. Di rumah ada 3 ekor dan hasil mancing semua. . Tuhan itu adil.. Di eropa ada salmon dan Steelhead.. Dan di asia Tuhan ciptakan Mahseer dan Hampala sebagai raja sungai... Keren tulisan nya mang hiko.. Hampala mahbthe best lah favorit saya pisan.. Di banding toman..

    BalasHapus
  4. foto kang dzikir ahmad , kalo bisa sama foto lokasi nanti saya posting di postingan ini,kalo lokasinya ya biarlah rahasia ,biar hampala masih terus ada disungai kita.

    BalasHapus
  5. Ukuran maksimal perlu di koreksi kang Hiko, ane pernah dapet dengan panjang total 76 cm. Hampala ikan favorit ane, khususnya yg H. bimaculata.....lebih agresif.

    BalasHapus
  6. Mas hiko..kalo pelihara hampala itu ngasih makannya tiap hari ya? Kasih ikan ikan kecil buat makan

    BalasHapus
  7. Mantab... Bisa di coba nih...

    BalasHapus
  8. Punya stok hampala buat relokasi gak mas

    BalasHapus
  9. Saya punya 7 Hampala (ukuran 15 s.d 35 cm) saya campur dengan 2 kapiat dan 2 tawes, Hampala rutin saya kasih makan anakan Nila atau Ikan Mas, akir-akhir ini Tiap tawes dan kapiat saya kasih pelet Hampalanya ikut makan pelet

    BalasHapus
  10. saya mau coba piara ikan hampala di aquarium mas, kebetulan saya punya 4 ikan hampala dari hasil mancing casting dan sekarang masih ada di kolam. sekali kali coba ikan hampala buat hiasan, di rumah yang buat hiasan ikan toman wkwk

    BalasHapus