Jumat, 05 Desember 2014

Channa Pleurophthalma "ocelated snakehead" Profil dan Cara pemeliharaan (nama lokal : ikan kerandang/selendang mayang)

Species name: Channa pleurophthalma

Synonym: Ophicephalus urophthalmus; Ophicephalus spiritalis

Common name: Ocellated Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 40-50 cm

Environment: freshwater

Origin: Rivers of Southeastern Sumatra; Kapuas and Barito basins of Kalimantan

Temperament: Predatory

Company: Channa pleurophthalma (Ocellated Snakehead) should be kept with fish of equal size.

Water parameters: Temperature 22-28˚C / 72-82˚F; pH 6-7.5










lagi ada waktu buat nulis saya sempatkan kasih tips cara memelihara channa pleurophthalma,dalam nama lokal biasa disebut ikan kerandang,ikan selendang mayang ada juga toman bunga walau sebenarnya toman bunga lebih merujuk ke channa marulioides.

channa pleurophthalma adalah salah satu jenis snakehead paling cantik dan endemik indonesia, ikan musiman karna masih tangkapan alam (wild catch) kalo lagi musim biasanya harganya sangat terjangkau.
sebetul'y bukan ikan yg tepat untuk pemula , ini jenis yang sangat sensitif dan gampang stres , menurut saya stres penyebab hampir 90% kematian snakehead channa/parachanna , soal'y saat stres ini daya tahan dan sistem imun'y menurun jauh bisa dimulai dengan terserang penyakit atau mati serangan jantung.
kalo dibandingkan channa yg sakit ,saya pernah lihat ada channa hobiis luar yg sampe tulang'y keliatan ga yakin penyakit apa,(kalo ketemu fotonya tar saya update) masih mampu survive tapi channa yg dibully yg cuma sirip yg robek dan sirip terkelupas sedikit bisa dgn cepat mati saat stres ingin melarikan diri.
point'y adalah dengan level luka yang jauh berbeda yg menentukan selanjutnya adalah stres tidak'y si snakehead tersebut.
pernah dengar snakehead ikan kuat mampu survive di tempat yg kadang tidak layak huni bagi ikan,dgn kadar oksigen rendah dan polusi tinggi,itu benar SELAMA si snakehead'y tidak stres.
sering dengar pleuro mati tiba2 ,i dont think so, ada sebab ada akibat.
saya rasa selama anda cuma menyalahkan ikan yg gampang mati atau merasa itu suatu kewajaran karna banyak yg mengalami ikan "anu" memang gampang mati . level fish keeping anda akan berada "disitu-situ" aja.


saya buat simple saja tulisan2 saya saya tau kebanyakan org indo agak malas baca tulisan yg panjang2,
ok masuk ke teknis pemeliharaan.


uk minimum akuarium 1,5 meter atau kolam deh,ukuran ikan maks bisa 40-50 cm
set-up rekomen planted tank,tapi pastikan area renang cukup luas karena jenis ini merupakan perenang atas,kecuali yang anda keep 10 cm kebawah masih sangat perlu tempat sembunyi bisa pakai paralon,kayu atau batu,rekomen kayu atau batu aja biar lebih natural.
jangan dikasih arus kencang .
bisa di copy setup tank dibawah, saya rasa ide setup dibawah adalah membuat biotope kalimantan dengan barb dan botia.
bagian community tanknya ga usah dicontoh jg gpp,fokus di area terbuka atas aja yg dibutuhkan pleuroph.
pict taken from  channa.gsa.org






ph kalo bisa 7 kebawah , soal ph ini juga kadang bikin stres apalagi saat pertama masuk akuarium kalo tiba2 dia masuk ke air yg ph'y lebih tinggi bisa stres dan mati saat itu juga, saya sangat  saranin buat maksukin daun ketapang kering,di awal2 keep atau bahkan seterus'y daun ketapang ini ternyata selain punya kandungan antibiotik alami buat ikan jg bisa nurunin ph dan bikin ikan feel home,kalo kurang suka akuarium warna butek karna daun ketapang saya saranin daun ketapang'y di rendem dulu 2-3 hari ampe tengelam.baru dimasukin ke akua,bisa diganti dgn daun ketapang baru sebelum hancur,setelah ikan settle baru bertahap ganti air ampe air bening lagi.
suhu kalau bisa stay di 28' c up.
bisa di comm tank dengan beberapa ekor pluro lain,ini salah satu species yg bisa di comm tank meski tetep di pengalaman saya kadang berantem,comm bisa juga dgn ikan tropis lain'y misal peacock bass ukuran maksimal dan growht ratenya hampir mirip dan p.bass ikan yg sudah biasa di commtank.
ga rekomen digabung dgn channa beda jenis misal toman,marulioides,lucius atau yg lain'y.
kadang ada juga hobiis merasa aman dan merasa cukup dgn pengalaman'y sendiri  " ah saya juga gabung channa anu dgn channa anu aman2 aja "
opini saya, untuk setiap kasus pengalaman kolektif itu penting jadi rujukan,dengan satu jenis ikan yg sama bisa ditemui banyak testimoni.
salah satu syarat buat community tank itu yg harus diperhatikan :
1.tempramen (type misal  teritorial) agresif ,sangat agresif.
2.ukuran maksimal
3.laju pertumbuhan
4.type lingkungan misal tropis ga cocok digabung ikan subtropis atau ikan ph rendah ga cocok digabung ikan dengan habitat ph tinggi.

untuk gabung dengan channa lain misal kita buat kasus
a. pleuro digabung toman apa yg ga cocok dgn syarat di atas.
jawab " no 1,2,3
kalo pun ada hoobiis yg aman gabung, tinggal tunggu saja toman'y besar "kasarnya" seperti bom waktu toman bisa bunuh pleuro kapan aja saat dia semakin dewasa dan semua channa semakin dewasa semakin teritorial dan agresif.
dan biasanya ada testimoni seperti itu mereka baru gabung beberapa saat aja,dan ikan masih blm dewasa

b. pleuro digabung dgn channa aurantimaculata
jawab yg ga cocok ada di poin no 1 dan 4.
uk maks (syarat no2) dan growht ratenya(syarat no 3) mungkin seimbang, tapi auranti lebih agresif dari pleuro dan auranti type ikan dgn habitat subtropis.


saran saya sebelum keep pleuro ,tau dulu itu sudah berapa lama di penjual semakin lama dipenjual semakin bagus,selain itu lebih rekomen beli yg uk 5-10 cm menurut saya,tingkat traumatis'y blm sedalam pleuro wc di uk 20 cm,makanya sering banyak keluhan pleuro baru beli ga mau makan.
kalo mau beli uk besar lebih baik cari di hobiis dan lebih spesifik lagi apalagi kalau si hobiis tersebut piara sejak 5 cm'an,dibanding anda beli langsung uk besar tapi wc di uk besar.
sekali lagi pleuro masih wild catch,yg bedakan ada yg ditangkap di usia juvenil 5 cm'an atau sub'adult 20 cm'an.

pakan bisa : ikan hidup,udang,cacingtanah,jangkrik
biasa kalo stres lagi adaptasi lingkungan baru dan ga mau makan coba diantara makanan2 itu,semoga salah satunya bisa jadi pemicu dia merasa di alam'y.

pleuro saya wild catch uk sub'adult




yg ini wild catch uk juvenile



temui penulis di grup facebook "indonesia snakehead club" , real talk about snakehead,temui ratusan member snakehead keepers dari sabang sampai merauke ada kolom jual beli pada postingan disematkan..

clik link di bawah atau search pada kolom search facebook  "indonesia snakehead club"
indonesia snakehead club


Mahamaya Hiko  -M.hiko-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar