Selasa, 26 Mei 2015

Channa Andrao profil dan cara pemeliharaan "sp.lal cheng , sp.assam , blue bleheri" (channa andrao part 1)








Species name: Channa andrao

 Common name:  dwarf neon

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: didalam akuarium bisa 15 cm tapi di alam sendiri jarang lebih dari 10 cm,channa andrao sudah mature di uk 8-10 cm

Environment: freshwater

Origin: endemik rawa2 lefraguri,distrik jalpaiguri,bengal barat,india

Temperament: Predatory

Water parameters: Temperature 14-28' c


sejarah singkat

channa andrao adalah channa yg terhitung sangat baru dideskripsikan,2013 oleh dr ralf britz, nama andrao sendiri di dedikasikan kepada exportir ikan india andrew rao atas dukungannya atas eksplorasi ichthyologi didaerah tersebut
bertahun2 channa andrao ada dipasar hobi dengan nama dagang channa sp.assam, channa sp.lal cheng, blue bleheri 

 
habitat
 
saya sering bilang selalu penting mengetahui habitat channa/parachanna karena kebanyakan channa/parachanna di pasar hobiis adalah wild caught/tangkapan alam ,maka kita bahas dulu habitat channa andrao

disebutkan channa andrao endemik rawa2 lefraguri,di west bengal,dekat kota barobisha,
 Barobisha terletak pada zona dataran subtropis antara sungai Raidak dan Sangosh, anak sungai dari sungai  Brahmaputra yang  menampilkan iklim fluktuatifdan drastis, baik soal volume air dan arusnya.



berada di iklim tropical moonson rainforest (curah hujan tinggi,kelembaban tinggi,dan musim panas dengan suhu yang sangat tinggi) 
daerah assam
perlu diketahui india negara yang sangat besar,dengan iklim berbeda2 tidak semua sama,assam sendiri berada di daerah northeastern india
lokasi assam ditandai dengan warna merah.
where pict taken
http://www.lahistoriaconmapas.com/atlas/india-map/assam-india-map.htm





where pict taken .
http://www.tcindia.com/maps/assam.html


assam adalah wilayah dengan iklim tropical moonson ,diketahui memiliki 4 iklim berbeda.
musim panas
biasanya berawal dari maret meluas sampai juni,cuaca ini diketahui dengan kelembaban tinggi yg ekstrim,cuaca rata2 pada saat ini adalah 35-38' celcius ,musim terpanas tiap tahunnya.

musim moonson/hujan
 moonson adalah musim hujan dengan curah tinggi biasanya badai disertai petir sering terjadi selama musim ini disiang hari, berawal dari juni sampai oktober,pada saat inilah assam menjadi hijau dipenuhi tumbuhan2 dan diketahui sungai brahmaputera meninggi volumenya membanjiri hutan2 dan daerah2 sekitarnya suhu dikisaran 18-26' c


top view area yg terendam selama moonson
pict credit james p blair

musim dingin
ditandai dengan curah hujan rendah dan pagi dan sore yang berkabut ,dimulai pada november sampai sekitaran februari,dengan suhu dikisaran 6-8' c, dan diketahui bahwa wilayah2 yang digenangi air di musim moonson telah mengering,channa andrao dan bleheri diketahui mulai menggubur diri ditempat2 yang sudah menurun jauh level airnya,sebagian hampir mengering tapi masih lembab,sedang aurantimaculata yang berhabitat rawa2 besar membutuhkan waktu sampai air menurun,mengering biasanya november.
salah satu note penting,baca opini penulis kaitan dengan musim dingin

musim semi-musim gugur
musim semi (maret -april)  dan musim gugur (september-oktober) suhu sedang yang tidak dingin tidak juga panas,dengan curah hujan sedang.



pada saat dry season rawa2 lefraguri bisa menjadi sangat kering dan tidak ada air,pada kondisi ini channa andrao diketahui menggali lubang kedalam lumpur yg mengandung air dan hidup didalam lubang,saat keluar dia mencari makan dan saat air kembali ada dia akan segera memijah,andrao diam didalam lubang lumpur pada pertengahan oktober sampai akhir oktober ,saat  moonson reda,dan kadang kalau masih ada hujan kegiatan 'hibernasi' ini juga mundur . ini foto dari andrew rao sendiri,mungkin satu-satunya foto habitat channa andrao,lefraguri swamp,india


identifikasi sex

channa andrao disebut mudah dibedakan secara fisik antara jantan dan betina, tapi mesti digaris bawahi mudah disini dalam konteks snakehead ya mukan mudah secara harafiah atau umum ,mudah bila dibandingkan dengan species channa lain.
note : jantan biasanya memiliki dorsal fin/sirip punggung lebih tinggi dibanding betina,dan memiliki pipi lebih besar bila dilihat dari atas,betina memiliki perut besar dan badan cenderung lebih memiliki pattern merah.

jantan kiri kanan betina,pict www.snakehead.org

sirip jantan biru terang,betina badanya merah,pict google.


andrao,penulis, betina kiri,jantan kanan memiliki dorsal fin lebih tinggi,
note : beberapa teman penulis hobiis luar sempat mengidentifikasi andrao betina saya sbg jantan,itu membuktikan betapa kata mudah disana soal sex id andrao sifatnya relatif dan berkonteks khusus,bkn mudah secara harafiah, bukan jg karena hobiis yg meng id sex kurang tepat itu tidak mengerti channa,tapi channa sangat kompleks dan soal identifikasi sex ini sangat sulit untuk mengerucut.


 cara pemeliharaan

ukuran akuarium semakin besar semakin bagus, dari mulai 60 cm sampai 120 cm, walau saya dapat testimoni dari hobiis india yg breed andrao di akua 45 cm,

setup dengan banyak tanaman,banyak tempat sembunyi,daun2 kering mati,dan yang harus diperhatikan adalah suhu,dipercaya channa subtropis yg di keep di temperature tropis sepanjang waktu,lifespannya berkurang.
untuk filtrasi bisa pakai sponge filter,ugf,canister,internal

ini akuarium channa andrao penulis,ukuran 60 panjang, 30 cm lebar,tinggi 25 cm.
pakai lampu jebo 10 watt, pupuk dasar 1 kg, tanaman beli dikarapitan labelnya gantia tinggi kurus,kayu akar sama kayu bakau,filtrasi internal filter,species tank didalamnya hanya ada pair channa andrao.
penulis tinggal di bandung,suhu malam bisa 18-21' c saat musim hujan,musim panas di bandung bisa 28-30' c up,suhu tank saya 22-24' c.

full tank shot


miss id dan kerancuan nama dagang
channa andrao  sempat lama dengan label dagang blue bleheri,padahal sama sekali bukan variant dari bleheri andrao dan bleheri sangat berbeda dan andrao adalah type mouthbrooder dimana bleheri bukan,membedakan keduanya sangat mudah,pada ekor channa bleheri terdapat dot2 merah besar sedangkan andrao tidak punya





channa bleheri



 channa andrao





akhirnya pada suatu petang,channa andrao penulis ....




 penulis cukup beruntung bisa memfoto saat telur keluar ..
my historical click ,





cukup membanggakan bagi penulis ,foto2 diatas diminta Heiko bleher untuk dimasukan ke buku terbarunya tentang india ,beliau memberi komentar di foto yg di upload di  facebook saya.




 channa andrao jantan memunguti telur,untuk dierami, mouthbrooder type,oral incubating,dia mengerami telur dalam mulut.



perilaku channa andrao selama periode mengerami telur
channa andrao male "holding" eggs , channa andrao jantan lagi mengerami telur dalam mulut/oral incubating


selama belum menetas channa andrao jantan tidak makan,dan tidak merasa nyaman bila betina mendekat,dia akan membuka insang jika betina mendekat.
dia sering pindah2 bila dirasa tempat bersembunyinya kurang aman.
channa andrao ini tipe egg feeder,jadi ketika anak2 sudah bisa makan,si betina akan memberi makan anak2 dengan telur yg tidak dibuahi,saat sudah makan biasanya anak2 akan kembali masuk mulut jantan bila masih dalam periode dierami .
periode holding ini sepertinya situasional ,bila menurut jantan situasi tidak aman dia akan makin lama mengeraminya.


sebetulnya bukan gaya penulis dengan pakai kendi,buat sembunyi begini karna dirsa kurang natural,tapi ikannya suka bgt kayaknya,jadi ya saya pakai aja,tapi saya punya solusi buat pembaca yg mungkin seperti saya kurang suka kendi/paralon didalam akuarium,lokasi kendi saya tutupi dengan taneman2 air yang rimbun,so ikan senang dan kita ga perlu lihat kendi ini hehehe...
nah ga keliatan kan kendi dan spongefilternya, ga mengurangi segi estetika rawa tapi tanpa mengurangi kebutuhan channa nya sendiri..

selama beberapa minggu juga saya,mengurangi volume air,itu meniru dry season di lefraguri,bahkan katanya disana andrao sampai masuk ke lumpur karna air benar2 kering dan berhibernasi dalam lumpur mirip dengan yg dilakukan channa2 dari india lainnya seperti barca,aurantimaculata,bleheri dll.








to be continue.....
doain semoga menetas ya..amiieen.

berlanjut kesini ya channa andrao family gallery



temui penulis di grup facebook "indonesia snakehead club" , real talk about snakehead,temui ratusan member snakehead keepers dari sabang sampai merauke ada kolom jual beli pada postingan disematkan..

clik link di bawah atau search pada kolom search facebook  "indonesia snakehead club"
indonesia snakehead club






29 komentar:

  1. kang kalo channa andrao di bandung bisa di dapetin di mana ?
    makasih kang

    BalasHapus
  2. Dibandung blm ada yg jual bro.

    BalasHapus
  3. bang kalo anak androa 3-5cm dikasih pakan apa ya ? trus buat sampe 8cm brpa lama ? kalo anakan androa gitu baru masuk tank baru, harus di puasain dulu apa boleh lsng dikasih pakan ? apakah androa perlu menggunakan arus ? thanks bang

    BalasHapus
  4. om hiko apakah channa andrao 7cm dapat dilihat jenis kelamin nya ?? terimakasih ???

    BalasHapus
  5. kang daun daun nya seperti ketapang bukan?

    BalasHapus
  6. Tampilan hampir sama kaya gacua ya kang..muf masih awam..
    Sifatnya aktif atau pendiem/malas gerak..soalnya saya lunya channa gacua,kerjanya cuman ngumpet doank,gak kaya striata dan maru yang aktif..
    Muf kalo salah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya andrao itu aktif ya, saya punya limbata juga aktif, ya tergantung treatment juga sih, kalau sering dilatih pake kaca atau karet ya kemungkinan bisa aktif/galak/garang, sedikit pengalaman aja sih gan😁

      Hapus
  7. Mau nanya dong. Punya andai d rmh tapi gak tau usia siap kawin nya di usia brp ya? Terimakasih..

    BalasHapus
  8. Channa andrao apakah bisa dikawin kan sama bleheri ?

    BalasHapus
  9. Andrao saya kira2 ukuran 8cm, sirip atas berwarna hijau dan sirip bawah berwarna biru. Pertanyaan nya adalah warna sirip hijau bisa bermutasi menjadi biru tidak ya seiring dengan bertambahnya usia, atau tergantung dari gen andrao tersebut? Terima kasih

    BalasHapus
  10. Berapa lama andrao jantan melepas burayak dari mulutnya setelah dierami?

    BalasHapus
  11. Kereeenn om..!! Ikan Punya om Hiko ini dari awal mulai ngebola sampai lepas telur apakah ada catatan jurnalisnya? Seperti volume air, temperatur, kondisi PH air, dan setting pencahayaan aquariumnya??
    Tanks om🤩

    BalasHapus
  12. Om mau tanya, channa andrao saya baru saja saya buka skat kemarin pagi setelah 2 mingguan skat. Dalam waktuu sejam dah akur dan ngeball, tp pagi ini malah betinanya garang,ganas dan ngejar jantannya terus. Si jantan jd takut dan sembunyi terus. Kira2 kenapa ya om? Makasih om

    BalasHapus
  13. Bisakah andrao crossbreed sama bleheri?

    BalasHapus
  14. Saya mau melihara channa andrao filtrasi pake canister PH 1800 L/H, bisa kah atau terlalu besar? Terima kasih jika berkenan untuk menjawab pertanyaan saya Om🙏

    BalasHapus
  15. Saya mau tanya,klo andrao ada brapa varian?

    BalasHapus
  16. permisi kak ingin bertanya, kalo anakan yang ukurannya sudah sampai 3-4 cm sudah bisa dibedakan sex nya tidak?

    BalasHapus
  17. bang ikan saya Sudah pair akur tapi ko makan gamau ya tolong bang kasih solusinya atau lagi ngerami anak anaknya apa gimana?tapikalo di erami gaada telur yang ngambangatau busuk bang

    BalasHapus
  18. Mau tanya nih para om om kira2 brapa lama si jantan mengerami telur dalam mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana om udah ketemu jawabannya? Berapa lama jantan ngerami telur.. Soalnya hari ini andrao saya bertelur🥰🥰

      Hapus
  19. Bang kalau mau keep andrao baby lebih bagus di size berapa? Size 5cm cukup kah?

    BalasHapus