Selasa, 11 Agustus 2015

Pesona kecantikan Dwarf Snakehead

kali ini saya akan menulis sesuatu yang ringan2 saja soal kecantikan dwarf snakehead

walau bukan type ikan populer , tapi saya rasa ikan ini punya fans tersendiri,kita akan bahas dwarf-medium snakehead,ga semuanya tapi yang memiliki warna cantik menurut pandangan subjektif penulis aja, soal jenis-jenis lengkapnya dari snakehead (channidae) bisa lihat dipost saya yg lain : Jenis - Jenis Snakehead (channidae)l

apa itu dwarf snakehead ?
dwarf sendiri berarti kerdil atau kecil , ini dikarenakan snakehead pada umumnya lebih dikenal ikan hama di amerika dan beberapa negara lainnya, dikenal ikan dengan muka seram berukuran besar pemakan ikan yang bisa berjalan didarat, padahal sebenarnya lebih banyak family channidae ini yg berukuran kecil,bahkan yg berukuran besar hanya beberapa ekor saja dibanding yg berukuran dwarf atau medium.

perbedaan dwarf dan medium snakehead 
perbedaan antara dwarf (kerdil/kecil/mini) dengan medium (sedang/menengah) tergantung persepsi juga sih,pada konteks snakehead secara khusus mungkin selain toman(giant snakehead),marrulius,argus,marulioides,melanoptera,pleuroph,striata semuanya dihitung/dianggap dwarf, tapi pada konteks ikan secara umum/luas ikan yg tumbuh 25-35 cm up seperti pulchra,asiatica,ornatipinnis,stewartii mungkin termasuk ikan ukuran besar ,menurut penulis snakehead dibagi tiga giant,medium,dwarf,tapi kita ga akan bahas sudut pandang mana yg lebih tepat ,postingan kali ini penulis ingin membahas dwarf dan medium snakehead yg memiliki warna cantik,ga semua species dibahas sebagian aja yang penulis anggap menarik.
langsung aja .


1. channa andrao "dwarf neon snakehead"
 asal india ukuran maksimal 10-15 cm
type iklim  subtropis 16-22 ' c
type habitat rawa
type breeding : mouthbrooder




pada substrate cerah tampilannya bisa sedikit berbeda




sudah bisa breed di ukuran 9-10 cm.
type rawa ini suka air yg tenang,banyak taneman air,dan tempat sembunyi,ukuran tank sebaiknya,60 cm-1 meter, filtrasi bisa pakai sponge filter.
and dont forget daun ketapang.
setup tank channa andrao penulis




2. channa pulchra "peacock snakehead/burmese tiger/pretty snakehead"
asal myanmar
ukuran maksimal 20-33 cm
type iklim subtropis 16-22 ' c
type habitat  mountain stream, aliran sungai berarus,kadar oksigen tinggi
type breeding : egg layer,floating egg.





 channa pulchra hidup di aliran2 sungai berarus,bisa di jadikan patokan setup tank anda, ukuran tank 1-1,5 meter.
contoh setup tank pulchra penulis




3. channa ornatipinnis "burmese spotted snakehead,orna snakehead"
asal myanmar
ukuran 20-25 cm
type iklim subtropis 16-22' c
type habitat mountain stream ,aliran2 sungai arus kencang
type breeding : mouthbrooder
uk tank 1 - 1,5 m


note :tank setup sama dengan c.pulchra,karna mereka habitatnya berdekatan.

4.channa stewartii 'complex' "golden assam snakehead"
asal india
ukuran 20-35 cm
type iklim subtropis 16-24' c
type habitat rawa juga aliran sungai
type mouthbrooder
ukuran tank 1 -1,5 meter





5. channa sp. megalaya leopard (dipercaya variant stewartii)
asal india
ukuran 20-25 cm
type iklim subbtropis
type habitat mountain/hill stream
ukuran tank  1 -1,5 meter



6.channa sp. moobeam galaxy/ true blue (dipercaya variant stewartii) species blm dideskripsikan
asal india
ukuran 20-25 cm
type iklim subtropis
type habitat mountain stream/hill stream
ukuran tank 1 -1,5 meter



7. channa sp. fire and ice (species belum dideskripsikan)
asal myanmar
ukuran 20-25 cm
type iklim subtropis
type habitat mountain stream
uk tank 1 - 1,5 meter









8. channa sp. red fin/red rim
asal myanmar
ukuran 20-25 cm
type iklim subtropis
type habitat stream
ukuran 1 -1,5 meter
type mouthbrooder


9. channa bleheri "rainbow snakehead"
asal india
ukuran 15-20 cm
type iklim subtropis
type habitat swamp/rawa
type egg layer
 uk tank 1 meter



10. channa asiatica '"chinese snakehead"
asal china
ukuran 20-30 cm
type iklim subtropis
type habitat river stream
type egg layer
uk tank 1 - 1,5 m





11. channa asiatica "red spot"
asal china/taiwan
ukuran 20-40 cm (dipercaya tumbuh lebih besar dari asiatica biasa)
type iklim subtropis
type habitat river stream
tank 1 - 1,5 m






12. channa bankanensis "bangka snakehead"
asal indonesia/malaysia
uk 15-30 cm
type iklim tropis
type habitat rawa
egg layer
uk tank 1 m



 










pada dasarnya untuk mengeluarkan warna terbaik pada channa adalah dengan membuat mereka senyaman mungkin salah satunya dengan set up tank yg benar.

CREDIT and THANKS to all channa keepers who belong to all  channa pictures who i posted in this blog, pict taken from many sources at google, the only reason i use your pict is only for sharing.
vamos channidae.

best regard
mahamaya hiko.

4 komentar:

  1. Kang kalo asiatica yg maximal growthnya sampe 40cm masuk dwarf berarti lucius dan pleuro juga masuk dong kang?kan mereka juga max growthnya sampe segitu kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiatica, luci, pleuro Medium sebetulnya, 25 cm kebawah baru dwarf, tapi Kita ngomongin persepsi Dan GA Ada patokan pastinya, tapi ikan UK 40 cman dlm konteks snakehead apalagi secara umum sudah pasti GA masuk hitungan dwarf lah... GA terlalu penting jg lah label dwarf, medium 😁

      Hapus
    2. Diatas jg kan saya bilang Mau membahas dwarf dan medium , GA kebaca ya ? Hehe

      Hapus
  2. Terlalu fokus sama judul kang wkwkw maap kang

    BalasHapus