Rabu, 26 Agustus 2015

Channa pulchra part 3 (breeding f2)

bandung,27 agustus 2015.
lokasi GGS ,Ganteng Ganteng Snakehead

*foto 30 nov 2015,telur f2 batch 3



*foto induk


*foto channa pulchra male/jantan dengan anakan f2 batch 2, (channa pulchra male with f2 second batch fry)



*



 postingan ini adalah kelanjutan dari

 channa pulchra part 1
channa pulchra part 2

update 2017

how to distinguish channa pulchra sex 
(cara membedakan jenis kelamin channa pulchra)  

the pair in these pict approximately 18 cm, they breed 3 times already at that time  
 







My point on side view
1. male have higher dorsal fin (jantan memiliki sirip punggung lebih tinggi)
2. male have bigger head (kepala jantan lebih besar)
3. male have elongated body (badan jantan lebih panjang)
4. male have more bright color on body (warna jantan lebih cerah)




Even channa pulchra is not a mouthbrooder type and some believe top view is not necessary,but in my opinion you still can see all the point before on top view,but i prefer side view.
but were not talk about guppy here,the different is very subtle 
pada dasarnya channa pulchra bukan type mouthbrooder jadi dari top view ga begitu diperlukan,tapi menurut penulis point2 sebelumnya tetap bisa dilihat,tapi perbedaan2 diatas sangat tipis sebetulnya.

-2015

bila post saya di channa pulchra part 1 membahas profil singkat dan habitat asli juga cara pemeliharaan channa pulchra,lalu di channa pulchra part 2 membahas pertumbuhan channa pulchra dari telur hari per hari sampai ikan dewasa, maka di part 3 ini penulis coba menyoroti kehidupan dalam pair (pasangan) channa pulchra,

bentuk dan maksud tulisan adalah semata2 sharing, penulis hanya berbagi apa yg penulis lihat yg mungkin menarik dan bermanfaat bagi pembaca, karna kembali lagi saya bisa saja menyimpan semua foto dan cerita sendiri untuk saya sendiri karna sebetulnya pada proses keeping ikannya dan penulisan blog ini saya menikmatinya untuk saya sendiri,tapi saya memilih untuk berbagi, asumsi pembaca its not my concern and i dont give a shit about that. coz i enjoy everything for myself.

oke langsung aja.

kalo kita merunut kembali,postingan saya di channa pulchra part 2, maka pair pulchra yg kita bahas kali ini pada saat itu masih telur

,setelah sekian lama proses seleksi alam (kematian,kanibalisme, termasuk dijual ke teman sesama hobiis) maka tersisa dua ikan ini,meet the parent
kiri betina kanan jantan.


betina,
*note : garis garis di bawah sirip atas adalah ciri breeding mode beberapa jenis channa,termasuk pulchra


jantan.


tkp. full tank shot ,breeding tank channa pulchra.
sengaja penulis beri tanda2 difoto ini yg nanti penulis kira akan memudahkan pembaca paham dengan apa yg penulis paparkan
 
 kita bagi akuarium ini menjadi tiga area, area 1 , area 2 , area 3, dan sarang batch 1 ada di area 3.

seperti yang sudah penulis katakan diatas,dipostingan ini penulis coba lebih fokus pada tabiat pair channa pulchra.

perilaku menjelang breeding.

si jantan akan sering berada dipermukaan,berenang perlahan membentuk huruf C kalau dilihat dari atas,seperti foto diatas, juga dia akan menggigit2 tanaman air juga taneman apung,seperti foto dibawah.




semua itu dilakukan di area tiga,yg nantinya jadi sarang atau tempat telur berada.
pada tahap ini jantan tidak mentolelir ikan lain berada diarea 3 dan dengan cepat akan mengusir bila ada yg memasuki area tersebut.

memijah / spawning/ breeding


pada prosesnya memakan waktu beberapa hari sampai telur keluar ,dan dalam prosesnya adalah salah satu periode paling rentan dalam breeding snakehead,karna pada masa ini jantan tetap agresif terutama bila tidak siap kawin, wraping (saling memeluk),maka taruhannya nyawa pada proses ini,bila tidak beruntung,biasanya betina mati sebelum berhasil bertelur, pada proses ini setiap sehabis saling memeluk betina biasa kembali ke area 1 , dan kadang diusir bila memasuki area 3 atau area atas di area 2.





pada posisi ini telur keluar,contoh visual,foto breeding channa andrao penulis


semua proses kawin dilakukan diarea 3,ditempat yg tidak berarus, buat kali ini agak sulit memfoto telur karena permukaan air dipenuhi taneman apung duckweed.

foto telur




setelah telur keluar jantan akan menjaga telur dengan berenang di bawah telur 24 jam, dan menjadi lebih agresif dibanding periode kawin pada periode ini kadang perkelahian tidak terkontrol dan kadang  mengakibatkan kematian salah satu atau keduanya, ini karena biasanya betina tetap mengajak kawin dan jantan tidak siap.

area tiga benar2 terlarang dihari pertama jantan menjaga telur,
setelah beberapa hari telur menetas (telur menetas dihari kedua),jantan lebih mentoleransi keberadaan betina diarea 3 dengan tetap membuka insang dan waspada ,tapi apabila betina mendekati sarang,baru akan diusir.

setelah,telur menetas dan anak ikan sudah bisa berenang,jantan akan memindahkan anak2 ikan apabila terlalu jauh berenang dari sarang ,dia menggunakan mulutnya mengambil anaknya lalu mengeluarkannya melalui insang,kegiatan ini berhenti apabila ikan sudah berenang lincah,dan periode ini juga termasuk periode rentan perkelahian antara induk jantan dan betina, jadi ada beberapa periode rentan perkelahian yaitu.
1. pembentukan pair
2.mode breeding
3.periode setelah telur keluar
4.periode setelah anak2 mulai makan

pair channa itu ada dua ,1. hanya sebagai partner bereproduksi dan ke.2 bonded pair, yaitu pair yg hidup damai diwaktu yg lama


pict channa pulchra f1 jantan menjaga anak2 usia 1 minggu, (*channa pulchra mulai makan diusia 5 hari setelah menetas, saat badannya mulai gelap)




sabtu, 5 september 2015
update.

pertengkaran induk makin tinggi intensitasnya dan sudah pada level membahayakan,jadi saya sekat lagi.

kalau tidak disekat,induk betina nyawanya terancam karna jantan badanya lebih besar dengan rahang lebih kokoh,luka dibadan bagian kiri yg tidak terlihat disudut ini cukup parah,beruntung ketahuan.


update jumat 25 september

tadi bangun tidur lihat telur f2 batch kedua tahun ini jadi saya update post ini,langsung aja pic nya ya 

channa pulchra eggs.


 channa pulchra male guarding eggs.

dan f2 batch pertama sekarang sudah hampir 2 cm,sudah bisa makan cacing beku ..

 

edit 8 november 2015



edit 13 nov 2015, Batch 2 sudah mencapai uk 2-3 cm








batch 1 yang berbentuk unik

 

update





bersama f2 batch 2 (generasi dua kloter 2)





update pic desember 2015






full tank shot ,sedikit rescape



foto2 batch 2,







yg memiliki bentuk2 unik





pake pencahayaan alami



kelahiran batch 3

papa pulchra dengan batch 3




close up









update batch 3 8 januari 2016







bentuk unik





induk















saya lanjutkan nanti , semoga bermanfaat ...
bila pembaca dapat pengetahuan baru alhamdulillah,bila tidak terima kasih sudah berkunjung,
pada dasarnya manusia tidak sanggup meninggikan atau merendahkan derajat manusia lainnya,hanya alloh yg sanggup begitu, maka pujian dan cacian dari manusia tidak ada pengaruhnya bagi saya...
 snakehead keepers,salam channidae.

temui penulis di grup facebook "indonesia snakehead club" , real talk about snakehead,temui ratusan member snakehead keepers dari sabang sampai merauke ada kolom jual beli pada postingan disematkan..

clik link di bawah atau search pada kolom search facebook  "indonesia snakehead club"
indonesia snakehead club



best regard
mahamaya hiko
(m.hiko)







5 komentar:

  1. Terusin kang anu pulchra na. Kupas habis. Mantap blog na!

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua yg saya ingin tau udah saya dapet,salah satu konklusi nya adalah channa pulchra mulai full tropis di F2 (generasi ke2), tapi butuh juga testimoni dan pengalaman keepers f2 pulchra saya buat semakin meyakinkan kalau sudah full tropis.
      karna space di saya terbatas mau mulai proyek baru dengan jenis lain, dengan berat hati soal pulchra mungkin ini post terakhir.
      tapi who knows god will ? hehehe ^_^

      Hapus
  2. mantap ko, mudah2an sy juga bisa kang hiko.untuk breeding gachua alhamdulillah berhasil tinggal melanjut ke pulchra...

    BalasHapus