Kamis, 10 Desember 2015

Channa Asiatica , profil dan cara pemeliharaan

Bandung,desember ,2015
dibalik hujan besar , ditemani milo panas ,saya penuhi janji satu  request dari seorang teman untuk menulis profil channa asiatica.






pict credit leeruicn,pict taken from www.monsterfishkeepers.com/forums/threads/turely-red-moonlight

catatan penulis ; channa asiatica red striped, form channa asiatica seperti ini sudah sangat jarang dengan spot putih tapi memiliki warna merah menyala di lateral line scale, digabung dengan dorsal fin tinggi dan anal fin biru mudah, Memukau !!!  luar biasa, channa asiatica paling tampan yg pernah penulis lihat !!!
note ; itu asiatica jantan.




Species name: Channa asiatica (Linnaeus ,1758)

dorsal : 44 , anal : 26 ,pectoral : 14 ,lateral line scale : 57

Synonym: Gymnotus asiaticus; Channa ocellata (peters 1864), Channa fasciata (steindachner,1866) ,channa sinensis (sauvage,1880), channa formosana (wu,1929)

Common name: Chinese Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 34 cm,
*menurut seorang expert dari jerman variant red spot tumbuh sampai 40 cm

Environment: freshwater

Origin: China, middle and lower Chang Jiang (Yangtze) basin, and Xun River basin in Guangxi and Guangdong provinces,utara vietnam , di introduksi di taiwan dan jepang pulau ishigaki shima dan pulau ryuku






Temperament: Aggressive.

Water parameters: Temperature 22-28˚C / 72-82˚ F; pH 6-7.5






HABITAT

channa asiatica memiliki range habitat yang sangat beragam, dari mulai area2 hutan yang tergenang,genangan2 air,aliran2 sungai berarus pelan, dihabitatnya sering ditemukan bersembunyi di antara akar2 pohon,ranting2 ,daun2 kering .
 diketahui menghindari area yang berarus sangat deras
channa asiatica diketahui sebagai salah satu dari beberapa jenis yang sering beberapa saat "berjalan" keluar di darat,(berjalan : *bergerak dengan membentuk huruf  "S"), makanya penulis yakin itu salah satu alasan dia ditemukan di habitat yg berbeda2.





salah satu contoh channa asiatica di alamnya,tkp di guangdong province
pict credit ,chao huang , monsterfishkeepers id mshuangchao ,pict taken from www.monsterfishkeepers.com/forums/threads/red-spotted-channa-asiatica-in-the-wild.







kaitan habitat dengan kita di fish keeping adalah, patokan kita dalam set up tank dan cara keepnya, saya harap pembaca cerdas membaca poin2nya sebagai basic rules dalam keeping ikannya.




Cara pemeliharaan

ingat selalu, sebagian besar snakehead yang sampai ke hobiis berasal dari tangkapan alam,dan kita sehebat apapun tak akan sanggup mencontoh alam secara sempurna atau mengakomodir semua kebutuhannya, because nature know best.
nah kita setidaknya berusaha semaksimal mungkin memenuhi segala kebutuhannya alam tank kita.

untuk ukuran akuarium,standar 100 x 45 x 40 sudah cukup untuk single species atau pair, tapi Bigger is better,semakin besar semakin bagus ,apalagi untuk yg mampu nyentuh uk 40 cm butuh tank 120 atau 150 cm..

set up tank dengan banyak hiding spot,peletakan kayu,ranting,batu dan tanaman yang tepat bisa menjadi faktor esensial dalam membentuk hiding spot yg berguna untuk memecah pertarungan,karna bahkan pair perlu untuk sesekali tidak terlihat secara visual,dan tempat sembunyi ini berguna juga untuk dia bersembunyi saat merasa takut dan stres.
channa di tank polos ?
saya pernah bertanya kepada seseorang hobiis knp keep channa di tank polos .
dia jawab " kasian kang tanknya jadi kotor apalagi kalo dikasih daun kering,nanti busuk jadi kotor"
buat saya itu terdengar seperti .
"kasian beruang kutub jangan ditaro di tempat yg ada es nya nanti kedinginan"
konyol !
 bukan tanpa alasan ilmuan2 ikan,memmbentuk biotope semirip dan sedetail mungkin dgn habitat asli si ikan,ilmuan ikan ga ada yg tank nya polos.


suhu
salah satu faktor paling kunci untuk channa saya rasa suhu,dia sanggup beradaptasi di air tidak layak huni,lumpur tanpa air,dll tapi bila suhu tidak cocok,biasanya membuat channa stres,stres membuat sistem imunnya berkurang,kematianpun biasanya datang.

untuk suhu, dewasa ini muncul batch asiatica kecil hasil breeding hobiis singapura, so saya rasa pembaca mesti tau dulu itu wild atau captive bred , channa subtropis yang lahir di tempat tropis penulis rasa sudah tidak perlu suhu sedingin yg tangkapan alam.
 22-26' c untuk yg wild,untuk yang jebolan singapura di suhu kita kemungkinan juga tidak masalah.


tankmate , saya rasa kita sudah tau channa bukan ikan community tank mereka memiliki rasa untuk menguasai teritori,jadi species tank atau single tank sudah benar,karna buat saya channa dlm comunity tank kehilangan sifat menjaga teritorinya,alias channa kehilangan identitasnya.

filtrasi lebih baik pake sponge filter besar,karena dia kurang suka air berarus.


Makanan

seperti penjelasan banyak orang yang sudah berada di habitat2 channa terlebih type ambush yg berukuran dwarf-medium,makanan cukup jarang,dan mereka oportunis tidak memiliki mangsa khusus,bisa ikan,udang,serangga apa saja yg ditemui dan sekiranya muat pasti di terkam,nah type habitat yg makanan tidak berlimpah dan bermacam2 alangkah baiknya di copy oleh keepers,yaitu dengan cara tidak memberi makanan setiap hari dan itu2 saja (misal hanya ikan), kita disini bicara tidak dalam konteks apex predator seperti channa type besar seperti toman,argus,marulius dll yang mampu menerima asupan makanan lebih sering
, jadi alam haruslah jadi guru kita dalam memelihara snakehead kita termasuk meniru soal jarangnya menerima makanan,pemberian pakan setiap hari hanya menyebabkan channa gemuk dan cepat mati.



channa asiatica diyakini ada beberapa type,variant.

untuk yang ini sebetulnya lebih muncul dari kalangan hobiis, beberapa hobiis expert meyakini ada setidaknya 3 variant.
white sport,red spot dan yang tidak memiliki spot (note* : untuk yg tidak meiliki spot 'kemungkinan' species berbeda).
  
saya coba tunjukan beberapa form,channa asiatica,
channa itu adalah tipikal ikan predator yg juga mengandalkan penyamaran jadi secara instingtif dia akan mengikuti lingkungan sekitar baik di alam atau di tank.



channa asiatica white spot, dengan form kuning,pict credit tabrez sheriif , tabby.


channa asiatica white spot dengan,basic coklat dibadan,form seperti ini yg umum beredar di kalangan hobiis.
pict taken from : http://base-channa.fr/WordPress3/wp-content/uploads/2012/08/base-channa-asiatica-t.jpg


pict taken from :http://www.akwa-mania.mud.pl/wystawy/lublin13/lublin13.html

white spot ,pict taken from :
http://www.zqid.com/dispbbs.asp?boardID=44&ID=23928&page=2



channa asiatica red spot , pict credit ben zhuang







 
red spot credit paul jones






channa asiatica red stripped ini form yg paling saya suka ,white spot dengan basic merah menyala di badan sampai pipi.
pict from :  www.monsterfishkeepers.com/forums/threads/turely-red-moonlight








channa asiatica ,less spot
pict taken from : http://eol.taibif.tw/pages/29259/media



untuk yang ini (channa asiatica less spot) penulis rasa ada kaitannya dengan channa2 yang baru dideskripsikan di vietnam, channa
1.channa hanamensis nguyen 2011 
type locality Tam Chuc Lake, Ba Sao town, Kim Bang district, Ha
Nam Province ,





2.channa ninhbinhnensis  ,nguyen 2011, ninh binh province
pict soon


 dorsal : 48-49 , anal :28-32  , pectoral :15-16  , caudal :15-16  ,lateral line scale : 58-59 , gill rakers :8-12


3.channa hoaluensis nguyen,bui& nguyen 2010,from Hoa Lu district

dorsal : 48-49 , anal : 31-32 , pectoral : 14 , caudal 14-14 , lateral line scale : 62 , gill rakers : 4-6






opini penulis

mengenai channa asiatica dan channa2 yang baru2 ini di deskripsikan nguyen di vietnam (ninhbinhensis,hoaluensis,hanamensis)  melihat letak geografis china dan vietnam , tidak heran rasanya kalau channa asiatica penyebarannya sampai ke vietnam  makanya diliteratur2 disebutkan channa asiatica penyebarannya sampai ke vietnam,akan tetapi mirip bukan berarti sama , ada perbedaan pada karakter ke empatnya satu sama lain, baik vertebrae , dorsal fin ray,lateral line,anal fin rays, bisa saja berawal dari asiatica  karena terpisah  dan akhirnya setelah beberapa waktu mengalami evolusi fisik,dan diklasifikasikan sebagai jenis baru.

kalau kita melihat secara visual dengan perbandingan foto2 diatas, maka ga sulit bagi kita menerima kenapa mereka disebut variant channa asiatica .

banyak yang tidak melihat itu sebagai channa species baru,tapi keepers2 expert juga tidak menyangkal kalau memang ada perbedaan,dan meski sudah di publish belum tentu secara ilmiah bisa diklasifikasikan sebagai species berbeda, karna kalau kita merunut sejarah banyak sekali channa2 yang sama di deskripsikan sebagai species lain oleh ilmuan yang berbeda.

kembali ke asiatica,
saya rasa salah satu serunya piara asiatica karena kita ga tau form dewasanya akan seperti apa, asiatica dimata penulis seperti channa lainnya di ukuran kecil sangat pemalu,cenderung bersembunyi ketika ada orang didepan tank,tapi saat beranjak dewasa aktifitas berenang di area terbuka semakain meningkat, dorsalfinya yang tinggi membuat dia semakin terlihat mengesankan.


channa asiatica penulis






 best regard ,
mahamaya hiko








28 komentar:

  1. keren om,di indo sudah ada belom ya? sekalian request tentang channa striata albino om maaf klo merepotkan

    BalasHapus
  2. ada , nanti ya kalau ada waktu.

    BalasHapus
  3. Nikmat membaca karyamu ..bagiku makin tambah pengetahuan tentang channa dan ikan yg saya suka..

    BalasHapus
  4. Nikmat membaca karyamu ..bagiku makin tambah pengetahuan tentang channa dan ikan yg saya suka..

    BalasHapus
  5. kang mau tanya,
    klo untuk dietnya (umumnya semua channa) itu bagus nya dikasih makan tiap hari sampe kenyang, atau dikasih makan beberapa hari sekali sampai kenyang (contohnya 2 hari sekali ) ?

    makasih sebelumnya kang Hiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud GA ngasih makan tiap hari itu niru apa yg dia dapet dialamnya yg makanan susah didapet, jadi baiknya kasih tiap 3 hari atau 1 minggu sekali pasti deh lebih sehat.
      Note : Jgn perut masih gendut dah dikasih LG.

      Hapus
  6. Bang channa asiatica bisa di breed di ukuran brpa?

    BalasHapus
  7. Maksudnua gini kali kang. Kan di kasih makan 3 atau 1 minggu sekali. Nah pas di kasih makan sampe gendut atau sedikit aja ?
    Mun ibarat kita mah sapoe tuang 3 kali saeutik saeutuk apa sapoe sakali langsung sa boboko hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti jgn masih gendut dah dikasih lg, klo dah langsing br kasih lg.

      Hapus
  8. mantaaappp , coba req argus dong om kalo ada waktu aja ,, makasih

    BalasHapus
  9. Wah mantep kang hiko. Skalian mau nanya. Itu yg asiatica red spot kan digambar juga stripnya warna merah. Apa asiatica redspot selalu berwarna strip sprti itu? Atau ada yg strip coklat dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo diperhatiin betul2,itu bkn strip merah,cuma asiatica klo breed mode emang cenderung belang gitu,pas bagian cerahnya red spotnya jadi keliatan lebih jelas,jadi keliatan merah

      Hapus
    2. waah makasih Kang hiko. ini saya jg lg keep redstrip, tp warnanya masih blm bgtu jelas merahnya. dia jg masih takut sama manusia.

      Hapus
  10. Untuk perawatan baby asiatica sulit apa tidak om
    Makasih sebelum nya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sulit,kasih makan apa aja mau,filterasi cukup sponge filter

      Hapus
    2. Ga sulit,kasih makan apa aja mau,filterasi cukup sponge filter

      Hapus
  11. Cara breednya gimana om?
    Dan anaknya di kasih pakan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai dr grup beberapa ekor,tunggu ada yg ngepair, lalu pindah sisanya,makan artemua,casut,cacing darah,ikan,jangkrik

      Hapus
    2. Mulai dr grup beberapa ekor,tunggu ada yg ngepair, lalu pindah sisanya,makan artemua,casut,cacing darah,ikan,jangkrik

      Hapus
  12. kang hiko saya mau nanya nih, kalo asiatica WS itu warna badannya hitam pekat atau engga? soalnya kebanyakan seller di indo untuk tica WS badannya berwarna agak kemerahan. hatur nuhun upami kersa ngawaler🙏

    BalasHapus
  13. Kang hiko sy baru punya asiatica kawinan ws x rs, ini kemungkinannya jadi jenis baru, apa tergantung dominan corak warnanya,?hatur nuhun

    BalasHapus
  14. Kang hiko saya punya asiatica saya taro outdor(kena sinar matahari langsung) knp warnanya pucat ya?temen saya dikasi di indor(gak kena sinar matahati) warnanya hitam.apa faktor sinar matahari menyebabkan warna ikan?makasih

    BalasHapus