Selasa, 24 November 2015

Channa Lucius, profil dan cara pemeliharaan

Species name: Channa lucius

Synonym: Ophicephalus lucius; Ophiocephalus polylepis; Ophiocephalus bistriatus; Ophiocephalus bivittatus

Common name: Splendid Snakehead,forest snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 40 cm / 16 inches

Environment: freshwater

Origin: Channa lucius (Splendid Snakehead) is found in rivers inf southeastern Sumatra ,Kalimantan,jawa,malaysia,thailand

Temperament: Aggressive

Company: Channa lucius (Splendid Snakehead) should not be kept in aquariums smaller than 2/3 of the species size.

Water parameters: Temperature 22-28˚C / 72-82˚ F; pH 5.5-6


distribusi : Currently understood to have an enormous natural range extending east and southwards from the Mekong River system throughout much of Indochina including Laos, Cambodia, Vietnam, Thailand, Myanmar, and Peninsular Malaysia plus the Greater Sunda Islands of Sumatra, Borneo and Java and a number of smaller islands in the region.

peta distribusi







kali ini penulis akan coba membahas channa lucius, yg sudah mulai banyak dipelihara hobiis ikan predator,saya ulas yg menurut saya penting2 aja untuk diketahui.

channa lucius ini termasuk channa dengan range distribusi yg luas dengan berbagai macam type habitat dari genangan2 air dihutan,rawa2,aliran2 kecil sungai,black water sampai sungai air deras (untuk yg ini saya lihat sendiri di acara mancing mania), malah disebut hidup di subtropis juga tropis tidak banyak type channa yg hidup di iklim tropis dan subtropis.
meski begitu lebih sering terlihat di aliran tenang yg dipenuhi ranting kayu2 mati dan daun kering.

ikan ini termasuk ukuran medium dimana tumbuh sampai 40 cman,tapi sudah mature secara seksual dan dapat breeding di ukuran 20 cm

foto habitat alami channa lucius

saya selalu bilang penting untuk mengetahui habitat channa,karena tiap jenis memiliki detail2 tertentu yang berbeda satu dengan lainnya , juga sebagai patokan setup tank nantinya.

foto credit tea shyi kai , seorang potographer dan channa keepers dari negeri jiran










pict credit ekkapan ubonrach







seperti yang pembaca lihat apa yang ada disana, di foto shyi kai air cukup dangkal dipenuhi oleh daun2 kering mati,di foto ekkapan kayu2 ranting mati saling melintang membentuk tempat sembunyi yang sempurna untuk type ikan penyergap seperti channa lucius, seperti yang sudah saya bilang di atas penting untuk mengetahui habitat ikan yg akan kita pelihara sebagai patokan setup akuarium nantinya.

cara memalihara

1.set up tank yang benar 
dan dibawah ini salah satu contoh setup tank channa lucius yang menurut penulis sangat bagus,tidak hanya dari segi estetika tapi juga memenuhi semua kebutuhan channanya,baik itu spot2 gelap juga tempat untuk bersembunyi.
menurut penulis lucius memang lebih baik tidak diberi substrate gelap, bisa pake subtrate putih seperti pasir silika atau batu2,tapi jangan lupa diberi ranting2 kayu dan daun kering (ketapang atau yang lainnya) ,kalau pembaca kurang suka dengan hardscape yg terkesan gersang,bisa diberi tanaman air juga, untuk tanaman air bisa dipilih type stem misal anubias,java fern (kadaka), buce2an atau tanaman apung misal duckweed dan yg lainnya,kalau mau tanaman yg ditancap di substrate harus memakai pupuk dasar yg letaknya dibawah pasir penggunaannya situasional seberapa besar tergantung seberapa banyak tanaman yg akan digunakan dan besar akuariumnya sendiri.
jangan lupa kalau memilih memakai tanaman harus diberi lampu yang memang mampu menunjang tanaman untuk hidup,bisa langsung konsultasi dengan toko2 yang menjual peralatan akuarium soal kekuatan cahayanya karena channa tidak suka yang terlalu terang saya sarankan pakai tanaman low light yang tidak memerlukan cahaya terlalu terang.
soal tanaman dan lampu saya sarankan pembaca juga baca2 artikel soal aquascape yang nanti harus disesuaikan dengan kebutuhan channa yg harus dipenuhi.

pict taken from : channa.gsa.org.pl



channa nya blm begitu settled meski setupnya sempurna sebetulnya menurut saya ,tapi saya yakin ini karena channanya baru dimasukin ke dalam tank jadi masih adaptasi,kalo pembaca klik link di atas akan lihat kalau tank ini adai disebuah pameran channa.

2.ukuran tank yang sesuai.
teori simplenya "bigger is better" , semakin besar samakin bagus, channa lucius bisa tumbuh sampai 40 cm up ,kalau aturan standar fish keeping minimal lebar tank dua kali panjang ikan ,kalau menurut penulis kalau bisa sih ya bagus sekali tapi dengan channa bisa sedikit penyesuaian karena mereka buka type perenang aktif , saya sarankan sih kalo uk sudah 40 di akuarium 150 cm standar aja.

3.suhu air
piara channa itu soal stress management , salah satu penyebab stres paling umum untuk channa adalah suhu baik tropis atau subtropis,untuk lucius lokal saya sarankan keep di suhu 28' c , piara ikan tropis harus punya heater baik untuk pengobatan atau pencegahan,apalagi belakangan ini suhu indonesia ekstrim ga bisa ditebak,kalau penulis tinggal dibandung suhu musim hujan saat malam-subuh bisa dibawah 20' c,tanpa heater bisa stres lalu memicu penyakit bisa finrot,white spot dll.

4.tankmate
seperti prosedur standar lebih baik species tank aja,jangan di comm tank dengan ikan apapun kalau anda ingin dapat tampilan pattern sempurna dan tabiat asli lucius.

5.filtrasi
canister atau sponge filter besar aja saran saya.

Note kecil penulis
 yang paling asik dari lucius ini adalah kalau kita membuat setup tank air tenang dipenuhi kayu2 kering dan daun mati,yang paling penulis suka kalau pas feeding time saya rasa standar ya semua predator fish keeper pasti salah satu alasannya keep predator ya buat liat dia makan ikan /hewan lain kan =)) , bagian favorit saya adalah kalau pas kita lempar ikan pakan,tiba2 dia muncul dari balik daun atau balik kayu2 dan langsung nyergap makan terus ngumpet lagi padahal sebelumnya ga keliatan dia lagi ngumpet dmn.
kalau sudah settled dan semakin dewasa channa lucius  akan lebih sering renang2 di area terbuka kalau anda keep dengan tepat,di usia sub adult atau adult dia akan membuka insang saat ada orang didepan akuarium.


lucius penulis dulu.

must have fish ,setidaknya sekali deh keep lucius soliter 1 ikan 1 tank ,saya rasa suatu hari saya akan coba breed jenis ini.


mungkin saya update lain waktu ,sering2 aja kunjungi blog ini.

best regard
mahamaya hiko












7 komentar:

  1. Mantaplah abang satu ini....
    Teruskan bang....
    Ane tinggal donload ilmuny dr ente..

    BalasHapus
  2. Saran dong, lucius di com tank sama pleuro gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga rekomen ,mungkin klo nyari di yutub pasti nemu yg ngegabung, tapi klo dari saya ga rekomen digabung ,sekalipun damai konflik bisa kapan aja.

      Hapus
  3. Kang, emang pengaruhnya kalau pake substrat gelap kenapa ya? misal pasmal gitu?

    BalasHapus
  4. Kebetulan sy jg dari bdg msh awam klo blh tau rmh nya dmn kang siapa tau bisa share perawatan nya sama pemula seperti sy

    BalasHapus