Kamis, 17 Desember 2015

pertumbuhan channa andrao (channa andrao part 3)

Bandung,desember 2015
di pagi yang cerah,



post ini kelanjutan dari post channa andrao family gallery (channa andrao part 2)

saya lanjutkan di post baru supaya ga terlalu membebani kuota pembaca kalau terus post update di post yg itu, seperti part dua saya ga akan terlalu banyak nulis di post ini , coba lebih banyak update foto saja,karna kadang satu foto bisa berbicara lebih dari ribuan kata.
 

bila pembaca belum mengikuti post sebelumnya,soal cara pemeliharaan dan profil channa andrao,bisa baca2 post saya yang ini channa andrao profil dan cara pemeliharaan (channa andrao part 1)

baik, langsung saja.

ukuran mereka sekarang rangenya dari 4-5 cm , foto menggunakan camera digital 12 mp,enjoy guys ..































































no flash so much better




























short body







lg pada berantem.








update februari 2016


jantan 6-7 cm

betina 5-6 cm


pake flash kiri jantan kanan betina



Update


 opini penulis  ," adalah sangat betul pertumbuhan anak channa type mouthbrooder yang diletakan bersama induknya lebih cepat, seperti deskripsi2 para peneliti, kalau pembaca mengikuti bahasan dari awal pasti tau di channa andrao part 2, saya jelaskan channa andrao adalah type egg feeder dimana induk betina akan memberi makan anak2 dengan telur muda yang luar biasanya ukuran telur mengikuti ukuran mulut anak2nya, tanda2 kebesaran alloh swt buat kalian yg berfikir bahkan bisa dilihat diakuarium rumah, akan tetapi anak2 yang di pisah dari tank induk bisa di beri makan pengganti supaya bisa mendapat pengganti asupan makanan yang tidak mereka dapat seperti saudara2 mereka"

"dalam kaitan soal perbedaan tabiat antara anak2 channa yang di tank induk dan di tank terpisah agak sedikit berbeda dengan pulchra, channa pulchra yang tidak dipisahkan di tank induk tidak memiliki keinginan "menguasai tank" mereka sepertinya tau induk tetap memegang kendali penuh dalam tank,makanya cenderung "lebih kalem",tapi channa pulchra yg dipisah dari tank induk dengan cepat memiliki hasrat menguasai suatu wilayah, dlm ukuran 2 cm mereka sudah berusaha saling melukai,mengusir dan dalam kesempatan lain memakan saudaranya , seleksi alam yang tidak bisa dihindari meski ini bukan lagi di alam,tapi mereka l;ahir di akuarium, alam yang mereka ketahui adalah akuarium,  perbedaan yang saya lihat antara andrao dan pulchra adalah channa andrao yang tinggal dalam tank induk terlihat begitu agresif ,luka2 bekas pertarungan lebih parah dibanding saudara2 mereka di tank terpisah dari induk , dalam opini saya ini adalah cara alam membuat individu2 tangguh yang memang terlahir untuk membunuh atau dibunuh "simply natural born killer" , seleksi alam ini berfungsi mengurangi persaingan perebutan "telur" dari induk betina."
 dalam hitungan kasar saya,jumlah anakan andaro di tank induk tidak seperti semula, saya tidak melihat agresi dari induk,kalaupun ada kematian anak2,penyebabnya satu , saudaranya sendiri.




 saya akan update bila saya menemukan sesuatu yang menarik, jangan kira tulisan ini selesai , saya hanya coba menganalisa apa yang saya lihat,bukan berarti sangat mengetahui ,setiap waktu channa2 ini mengejutkan saya dengan perilakunya ,alam selalu selangkah didepan ilmu  pengetahuan.



best regard.

mahamaya hiko


 Vamos channidae !!!





11 komentar:

  1. mulai "keracunan" channa nih kayaknya mas dika ...hihihihihi :D

    BalasHapus
  2. Haha..
    Nampaknya,
    Iya mas

    #vamoschannidae

    BalasHapus
  3. Haha..
    Nampaknya,
    Iya mas

    #vamoschannidae

    BalasHapus
  4. Update lg donk om..
    Ilmu yg bermanfaat

    BalasHapus
  5. gokil artikelnya, kang hiko udh fix dpt gelar sarjana channa dah 👍

    BalasHapus
  6. Terimakasih artikelnya mas Hiko,Anda sangat" Meracuni saya untuk lebih ingin tau lagi tentang channa adrao,mantaap kalii,ditunggu updatenya mas,👍👍👍👍👍✌

    BalasHapus
  7. Adakah tanda2 andrao gagal menjaga anaknya ?

    BalasHapus
  8. Berarti makanan anak andrao itu telur dari induk nya yang tidak di buahi ? Lalu apakah kita perlu kasih makan kutu air untuk anak andrao ? Apakah ada kemungkinan induk memakan anak nya ? Jika ia apakah alasan nya ? Terima kasih

    BalasHapus
  9. Berapa lama andrao tumbuh 1 cm

    BalasHapus