Senin, 01 Februari 2016

channa pulchra part 4 "hirarki sosial pada channa muda"

Bandung,1 februari 2016

hirarki sosial pada channa muda (subadult/remaja)
tulisan ini berdasarkan observasi dan analisa pribadi penulis tentang pertumbuhan (fisik dan mental) channa pulchra f1 (generasi pertama "anak dari channa wild catch") yang saya pikir cukup menarik di share dan semoga bermanfaat atau menjadi pengetahuan baru bagi pembaca,

kalau pembaca pernah baca post saya soal channa pulchra , di blog ini sebelumnya ada tiga tulisan yang berkaitan dengan channa pulchra, agar memudahkan pembaca merunut saya beri judul
  channa pulchra part 1
 channa pulchra part 2
 channa pulchra part 3

seperti pembaca ketahui ketiga post saya diatas saling berkaitan, kalau anda belum mengikuti coba baca lagi dari awal part 1 sampai 3, nah post kali ini kejadiannya setelah part 2 dan sebelum part 3 , ikan2 dibawah yang akan kita ceritakan itu adalah f1 yang di part 3 memijah menghasilkan f2, bisa dibilang plotnya mundur.

oke langsung aja ya.





foto channa pulchra F1 uk 4-5 cm

setelah mengalami sekian proses seleksi alam , ada sekitar 150 lebih anak2 pulchra yg berhasil tumbuh menjadi ikan2 diatas, sebagian besar masih di tank di tempat mereka dilahirkan, induk yang saya pindah , induk betina dan jantan dipisah masing2 kebagian "ngasuh" beberapa puluh anak .

foto induk jantan daan sebagian F1


cukup panjang ceritanya dari ikan2 sebanyak itu sampai akhirnya saya sisakan 8 individu pilihan untuk calon indukan, 2 jantan 6 betina,  di uk 4-5 cm saat jumlahnya masih banyak mereka berperilaku hampir mirip neon tetra berenang bergerombol dan memburu bersama2 kesudut tertentu saat ada kejadian tertentu (misal serangga nempel dikaca akuarium).

skip..

saat saya pilih 8 ikan untuk calon indukan selanjutnya, mereka berukuran 8 cm'an. standar pemilihan saat itu simple saja,saya pilih 2 jantan yg bagus badannya, sirip2nya tinggi sisanya betina.

foto jantan muda ,jantan alpha dlm tank yang kelak jadi indukan.

di uk 8 cm'an ikan dlm foto diatas sudah mengatur tank, dia menguasai 70% wilayah tank , hanya ada sedikit sudut di akuarium yg dikuasai jantan lain kita sebut aja jantan B , jantan B berani berkonfrontasi dgn alpha jika alpha memasuki wilayahnya *note ukuran badannya sama antara jantan alpha dgn jantan B, betinanya dimana?

betina menghabiskan hampir sepanjang waktu bersembunyi atau diam di dasar tank,karna saat mulai berenang ke area terbuka pasti dikejar baik oleh jantan alpha atau jantan B, kurang lebih kejadian nya selalu terus berulang sampai mereka tumbuh sedikit besar , sebelumnya nyaris tidak ada perkelahian berarti saat alpha berpatroli,paling saling flaring (membuka insang) saat berpapasan dengan jantan B di daerah yg dikuasai jantan B.

foto jantan alpha memasuki wilayah jantan B

terus berulang kejadian2 ini sampai meraka tumbuh lebih besar, selain fisik saat tumbuh channa juga mengalami perubahan mental ke arah lebih agresif,lebih teritorial.

foto jantan alpha (sudah lebih besar dari foto sebelumnya *lihat foto diatas)

diukuran ini kadang dia tidak mengejar betina2 yg berenang ke aeranya ,soal patroli masih sama , sedangkan jantan B jauh lebih agresif saat betina masuki wilayahnya, karena secara insting dia butuh satu tank sendirian bukan sepertiga sudut tank seperti ini,maka secara naluriah tingkat flaringnya juga sudah naik level ,

foto jantan alpha sudah ingin jantan B keluar tank (mungkin pembaca bisa merasakan aura flaring yang jauh berbeda dgn flaring sebelumnya,diikuti perubahan warna badan lebih pucat dan ada bar hitam dibawah sirip punggung,jelas sekali aura membunuhnya), dan 

BOOM !!! big fight , sebetulnya ukuran mereka sama dan pertarungan seimbang tapi ini bukan adu ikan , cukuplah itu tanda buat saya untuk memisahkan salah satu ke akua berbeda,dua jantan yang ganteng sayang kalau harus mati .

betul saja jantan B tumbuh jadi jantan yg sangat bagus,sirip tinggi dan warna cerah memukau.
jantan B uk 14-15 cm


dan ini si jantan alpha di uk 19 cm



and the rest are history , kelanjutannya ya di channa pulchra part 3 , .

terima kasih sudah berkunjung ,

best regard

mahamaya hiko



vamooooooossss channnidaaaaeeee !!!












7 komentar:

  1. Cara membedakan kelamin pulchra yg masih berukuran 5-7 cm gmn bang? Kurang jelas hehehe

    BalasHapus
  2. Cara membedakan kelamin pulchra yg masih berukuran 5-7 cm gmn bang? Kurang jelas hehehe

    BalasHapus
  3. cara membedakan jantan betina gimana bang

    BalasHapus
  4. Setelah bertelur apakah yang betina di pindah tank atau tidak ya om

    BalasHapus
  5. Setelah bertelur apakah yang betina di pindah tank atau tidak ya om

    BalasHapus