Kamis, 11 September 2014

Channa melanoptera "Black finned snakehead" , berikut misteri dan 'kelirumologinya'

Copas tolong sertakan sumber , nulis blog itu juga seni butuh waktu dan pemikiran ,jadi hargai tulisan orang !

 Species name: Channa melanopterus (bleeker,1855)

Synonym: Ophicephalus melanopterus

Common name: Blackfinned Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 65 cm / 26 inches

Environment: freshwater

Origin: Channa melanopterus (Blackfinned Snakehead) sungai kapuas  Kalimantan.

Temperament: Aggressive

Water parameters: Temperature 22-28˚C / 72-82˚ F; pH 6-7.5






akan selalu jadi diskusi panjang kalo kita coba mengulas soal marulia complex ,marulioides dan melanoptera, karna secara fisik apalagi saat juvenile sangat mirip.
ada satu poin penting bleeker mendeskripsikan marulioides 1851 di sambas lalu dia kembali ke kalimantan 1855 dan mendeskripsikan ikan ini (melanoptera) dari sungai kapuas dan ia yakin bahwa yg dia temukan adalah species berbeda dari yg ia temukan 4 tahun sebelumnya ,

ocellus yg dimaksud diatas , contoh ocellus di pangkal ekor marulioides yang sudah saya tandai dibawah


setau saya dideskripsi awal disebut melanoptera dari kalimantan seperti diketahui bleeker menemukannya dikalimantan ,sebagian menyebut ada juga di selatan sumatera meski banyak yang meyakini kalau itu adalah kesalahan identifikasi jadi kemungkinan melanoptera ada disumatera masih berupa kemungkinan.

dikalangan hobiis indonesia sendiri sejak 2011/2012 ada stigma blue marulioides = melanoptera ,ini adalah kesesatan yang  terstruktur,sistematis dan masif :v (udah kayak pemilu yah hahahah)
seperti dijelaskan diatas melanoptera berasal dari kalimantan sedang  saya tahu sendiri kalau ikan yang beredar pada saat itu dilabeli maru biru/melanoptera pada tahun 2011/2012 adalah dari sumatera ,saya sendiri kebagian ikan itu (anak2 ff kaskus banyak yg dapet batch ini ini) , semakin ikan itu besar sudah jelas tumbuh ocell,bunga  dapat dipastikan  100% itu marulioides ,akan tetapi kekeliruan ini terus berlanjut sampai sekarang saya tulis ini september 2014
,sepertinya sudah akut kelirumologi ini seperti menyebut florida gar dengan label alligator.
kenapa sih saya bilang itu stigma yg masih saja berkembang ini , melanoptera itu variant dari marulioides biru dari sumatera itu salah.
1.karena mereka (melanoptera dan marulioides) itu dua species yg berbeda
2. harus dipahami beda species dengan beda variant itu dua hal yg jauh berbeda,seperti point 1 melanoptera dan marulioides  beda species.
3.bleeker menemukan dan mendeskripsikan ikan yg ditemukan 1855 (melanoptera) disungai kapuas kalimantan adalah ikan yg berbeda dari yg dideskripsikannya di sambas ,1851 (marulioides)
4.seperti dipoint 3 melanop ditemukan di kalimantan jadi stigma melanoptera itu = blue maru sumatra sebener'y tidak akan pernah terjadi andai hobiis lebih jeli membaca pemaparan dan pendeskripsian dari ilmuan dalam hal ini (bleeker) sang penemu dan di kuatkan oleh dua ichthyologist lain'y (weber & de beaufort),sedang keberadaan melanoptera disumatra sendiri masih berupa kemungkinan2.
 intinya sudah jelas yg harus dijadikan patokan ya deskripsi dari ilmuan'y itu sendiri seperti di point 3 ichthyologist'y sendiri mengumumkan bahwa melanoptera dan marulioides itu dua species yg berbeda.




deskripsi gambar bleeker,weber dan debeaufort



kenal dengan salah satu hobiis expert asal german pascal palle antler,dia meyakini kalo dia punya channa melanoptera ,dia beli atas label channa spec sumatera,kalo dilihat memang ada perbedaan fisik dengan marulioides seperti bentuk ekor dan kepala ,akan tetapi masih ada ocell di pangkal ekor yang mana tidak sesuai dengan deskripsi para ilmuan dulu, well someone must be wrong atau mungkin beda jenis lagi,dia sendiri ga berani sebut melanoptera dia sebut channa sp.sumatera. soal'y dia dapet dari sumatera.
opini saya meski dia beli atas nama spec sumatera bukan ga mungkin sebener'y itu berasal dari kalimantan yg mana tempat ditemukan'y melanoptera, tapi satu hal dari ikan ini saya juga sepakat ini bukan marulioides
pict channa spec sumatera "melanoptera" pascal.

"



Jadi,kalau kita merunut fakta sejarah bahwa melanoptera itu original deskripsi,type locality nya adalah kapuas, lee and NG menggaris bawahi satu2nya cara membedakan melanoptera dan marulioides adalah,tidak adanya occelus  di pangkal ekor melanoptera seperti halnya yg kita temukan di marulioides dan marulius, dan tidak ditemukannya bunga seperti halnya yg ditemukan di marulioides (sekalipun marulioidespun ada yg ga memiliki bunga).
Ketika kita mencoba mengidentifikasi melanoptera,cari tahu dulu asal ikan.
Jika ikan berasal dari kapuas, tidak memiliki ocellus dipangkal ekor ,tidak memiliki bunga,bersirip hitam,kemungkinan besar itulah ikan yg dideskripsikan bleeker 1855,sebagai channa melanoptera.


temui penulis di grup facebook "indonesia snakehead club" , real talk about snakehead,temui ratusan member snakehead keepers dari sabang sampai merauke ada kolom jual beli pada postingan disematkan..

clik link di bawah atau search pada kolom search facebook  "indonesia snakehead club"

indonesia snakehead club


- M.HIKO






2 komentar:

  1. http://marulioides.blogspot.my/2018/03/channa-melanoptera.html?m=1

    C. Melanoptera yg saya miliki bbrp tahun dhl

    BalasHapus
  2. Kalo ikannya itu siripnya hitam, ndak ber-ocelli, tapi ada bunganya itu gimana bang. Ditunggu jawabannya ya bang.

    BalasHapus