Jumat, 19 September 2014

Channa Bleheri "Rainbow Snakehead" , Profil dan cara pemeliharaan

channa bleheri penulis






Common name: Rainbow Snakehead
Scientific name: Channa bleheri Vierke, 1991
Synonyms: None
Origin: India
Size: Maximum 15-20 cm
temp : 18-22' c
peta map penyebaran




Habitat 

tropical moonson rainforest (curah hujan tinggi,kelembaban tinggi,dan musim panas dengan suhu yang sangat tinggi) 
daerah assam
perlu diketahui india negara yang sangat besar,dengan iklim berbeda2 tidak semua sama,assam sendiri berada di daerah northeastern india
lokasi assam ditandai dengan warna merah.
where pict taken
http://www.lahistoriaconmapas.com/atlas/india-map/assam-india-map.htm





where pict taken .
http://www.tcindia.com/maps/assam.html


assam adalah wilayah dengan iklim tropical moonson ,diketahui memiliki 4 iklim berbeda.
musim panas
biasanya berawal dari maret meluas sampai juni,cuaca ini diketahui dengan kelembaban tinggi yg ekstrim,cuaca rata2 pada saat ini adalah 35-38' celcius ,musim terpanas tiap tahunnya.

musim moonson/hujan
 moonson adalah musim hujan dengan curah tinggi biasanya badai disertai petir sering terjadi selama musim ini disiang hari, berawal dari juni sampai oktober,pada saat inilah assam menjadi hijau dipenuhi tumbuhan2 dan diketahui sungai brahmaputera meninggi volumenya membanjiri hutan2 dan daerah2 sekitarnya suhu dikisaran 18-26' c


top view area yg terendam selama moonson
pict credit james p blair

musim dingin
ditandai dengan curah hujan rendah dan pagi dan sore yang berkabut ,dimulai pada november sampai sekitaran februari,dengan suhu dikisaran 6-8' c, dan diketahui bahwa wilayah2 yang digenangi air di musim moonson telah mengering,channa andrao dan bleheri diketahui mulai menggubur diri ditempat2 yang sudah menurun jauh level airnya,sebagian hampir mengering tapi masih lembab,sedang aurantimaculata yang berhabitat rawa2 besar membutuhkan waktu sampai air menurun,mengering biasanya november.
salah satu note penting,baca opini penulis kaitan dengan musim dingin

musim semi-musim gugur
musim semi (maret -april)  dan musim gugur (september-oktober) suhu sedang yang tidak dingin tidak juga panas,dengan curah hujan sedang.





channa bleheri atau nama umumnya rainbow snakehead,salah satu dwarf channa subtropis dari india, menurut sepengalaman saya ikan ini lumayan aktif renang2 dan ga parkiran aja kerjaan'y kayak channa gachua,enjoy to watch pokok'y..
di ukuran yg sama dengan channa pulchra channa bleheri ini mental'y lebih hebat,sudah berani gigit tangan dan bisa hand feed bisa tangan anda langsung masuk akuarium atau beberapa cm dari permukaan air coba deh keren loncat dia keluar permukaan air nyamber ,saya sendiri pernah digigit waktu mau ambil thermometer membuktikan mental jempolan'y .
habitat'y aliran2 sungai kadang juga ditemui dikubangan2 air dengan volume air sedikit .


channa bleheri penulis

cara pemeliharaan
ukuran akuarium ,prefer 100-120 cm ,untuk single species saya rasa oke2 aja di akua 60-80 cm
setup akuarium dengan banyak tempat sembunyi bisa pakai daun2 kering, kayu atau batu2 dan banyak tanaman air sangat rekomen tanaman2 apung dengan akar menjuntai.
 tempat sembunyi sendiri ini punya dua fungsi
1. tempat sembunyi  saat takut oleh orang yg didepan akuarium kadang ikan baru masuk akua masih sangat takut kalo diliatin atau sama orang yg lewat. jadi untuk single species pun butuh tempat sembunyi,dan minimal ada satu spot di akuarium dimana dia merasa aman
2. penting bagi channa/parachanna untuk menghidari atau tidak terlihat secara visual oleh channa lain diakuarium ,selalu saya ulang kata2 ini "bahkan pair'pun sesekali akan melakukan agresi satu sama lain" dan yang berbeda tentu tingkat agresinya tergantung jenis channanya itu sendiri ,tingkat yg saya maksud itu misal begini orna lebih agresif dibanding pulchra,pulchra lebih agresif dibanding bleheri,bleheri IMO lebih agresif dibanding gachua apalagi masuk masa adult (dewasa) , gachua bisa dibilang salah satu channa paling kalem/pendamai tapi harus diingat pendamai disini dalam konteks channa secara khusus bukan pendamai dalam konteks ikan secara umum. "sedamai-damainya channa ada ajah berantemnya"
snakehead itu cuma ada 2 jenis 1. agresif 2. sangat agresif

filterasi, bisa pakai type apa saja pada dasarnya selama kebutuhan dia soal suhu terpenuhi ikan ini tidak akan bersamalah dengan parameter air,tapi tetap lebih baik pakai filterasi,saya pribadi lebih suka pakai sponge filter besar

suhu harus perhatikan dia datang dari iklim yg berbeda dgn kita,perhatikan perubahan suhu musiman di habitat aslinya,channa bleheri seperti channa2 subtropis memiliki kebutuhan untuk istirahat selama musim dingin,dikala moonson reda di awal oktober dan volume air berkurang,habitat channa bleheri di rawa2 dan aliran2 kecil mengering,kadang menyisakan hanya lumpur dan tanah yang basah saja,disaat itu secara instingtif channa bleheri akan menggali kedalam tanah/lumpur,tidak makan selama air belum ada,artinya dari musim gugur di oktober,melewati musim dingin desember sampai maret ,lanjut ke musim panas sampai musim moonson kembali tiba di juni, anda harus coba meniru perubahan suhu ini dengan menurunkan suhu di bulan november sampai sekitaran februari,dan pengurangan pemberian pakan juga salah satu faktor esensial dlm keeping type ini.
.
jantan lebih cerah warnanya dan tumbuh lebih cepet dari betina,


tankmate :bisa digabung dengan ikan2 barb sub'tropis atau dgn ikan subtropis yg tidak lebih besar dari bleherinya itu sendiri,lebih recommend sih species tank .

beda dengan channa andrao yang mouthbrooding channa bleheri menyimpan telur dipermukaan air dan biasanya dijaga oleh jantan,telur biasanya 100-150 buah tergantung banyak hal,biasanya menetas setelah 2-3 hari,,dan mulai makan dihari kelima.



makanan makin variatif makin bagus : udang,jangkrik,cacing tanah,kadang ikan (cere,mas,dll)

my fav

seperti semua channa,akuarium wajib ditutup .


update 2015.


berikut foto2 habitat channa bleheri , where pict taken : http://www.discusclub.net/la-storia-della-scoperta-del-channa-bleheri/


 salah satu habitatnya,kemungkinan foto diambil saat dry season ,hanya lumpur !
menurut pengakuan heiko bleher dan andrew rao, pada saat seperti ini mereka masuk kedalam lumpur,kadang benar2 tiada air mereka berhibernasi menunggu sampai air ada.




sungai dibru, di tempat ini juga terdapat channa bleheri ,air yang cukup tenang dan kedalaman sekitar selutut .


 rawa2 lainnya ,dipenuhi tanaman apung dan lumpur.


mr bleher melakukan pencarian dan eksplorasi di tahun 1985, penulis bisa membayangkan bagaimana perasaan beliau menemukan channa bleheri,sesuatu yg tidak diketahui keberadaannya pada saat itu,sebelum di deskripsikan setelah diteliti J.Vierke tahun 1991.
"waw ,pelangi !! " seru beliau, melihat corak indah channa bleheri , makanya common name channa bleheri adalah rainbow snakehead.

beliau (heiko bleher) kembali ke sana tahun 2009,di saat dry season , pembaca bisa lihat keadaannya,air dangkal,lumpur dan tanaman apung  begitulah habitatnya di masa dry season.



opini penulis
melihat beberapa bentuk habitat tersebut dan membayangkan apa yang terjadi selama pergantian dari musim ke musim,ada penurunan volume air saat dry season kadang yang ada hanya lumpur,mereka akan membenamkan tubuhnya saat itu menunggu sampai air datang kembali, kalau pembaca berniat membuat biotope channa bleheri tentu tidak usah pakai lumpur , you know nature know the best masalahnya kita tidak akan sanggup membuat keseimbangan seperti di alamnya, saran saya sesekali menurunkan volume air soal lumpur ganti dengan daun2 kering seperti juga pengakuan bleher,mereka kadang ditemui di kubangan2 air dangkal bersembunyi dibalik daun2 kering.
faktor pemberian pakan juga faktor kunci,pemberian pakan setiap hari sangat tidak disarankan,1 kali tiap 2-3 hari dengan pakan yang variatif,serangga,udang,cacing,ikan meniru dia yang ikan oportunis dialamnya





temui penulis di grup facebook "indonesia snakehead club" , real talk about snakehead,temui ratusan member snakehead keepers dari sabang sampai merauke ada kolom jual beli pada postingan disematkan..

clik link di bawah atau search pada kolom search facebook  "indonesia snakehead club"

indonesia snakehead club

best regard
Mahamaya Hiko 





2 komentar:

  1. Pak,artikel tentang bleheri gak di update nih? Kan sudah sempat sampe netes anakannya 😀

    BalasHapus