Kamis, 11 September 2014

Channa Pulchra , profil dan cara pemeliharaan (channa pulchra part 1)

Copas tolong sertakan sumber .





Species name: Channa pulchra 

Synonym: Ophiocephalus pulchra

Common name: peacock Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 25-30 cm

Environment: freshwater , subtropis 16-26 c'

Origin: myanmar

Temperament: Aggressive


 saya coba tulis pengalaman saya tentang channa pulchra , perlu diketahui ikan ini datang dari myanmar dari daerah subtropis suhu bisa sangat dingin karena saat wet season aliran air dari gunung himalaya mengalir ke habitatnya , dia hidup di aliran2 sungai jernih berkadar oksigen tinggi dengan arus kencang tapi bukan berarti wajib berarus ,sekali lagi channa hampir semua jenis adalah hasil tangkapan alam maka penting untuk tahu habitat aslinya yang bisa jadi referensi untuk set up tank/akuarium kita.
 contoh habitat channa ornatipinnis (channa pulchra dan orna ditemukan didaerah yg sama jadi ini salah satu contoh visual sempurna habitat channa pulchra , credit to paul jordan and david armitage)



jenis ini pasti jadi favorit banyak orang,dan saya sendiri merekomendasikan untuk hobiis pecinta snakehead selain warnanya yang cantik dia juga enak untuk dilihat (beberapa jenis channa ada yg hanya sembunyi sepanjang waktu,bosenin bgt ) pulchra sering renang2 kalo dia settle dan bisa hand feeding

coba kita buat point2 penting'y untuk ikan ini
-SUHU :  seperti saya bilang diatas dia jenis subtropis beda dengan iklim kita di indonesia yang tropis agak rumit juga soal suhu myanmar soal'y ada sebagian wilayah yg tropis ada jg yg subtropis tapi kata hobiis german pulchra memang datang dari bagian yg subtropis ,concern soal suhu  pertama diangkat , channa sering kita tau bisa hidup di air yg kebanyakan ikan tidak mampu hidup bisa saya bilang soal suhu ini lebih penting dari ph,gh dll , jadi dia bisa tahan cuaca panas tapi kalo di suhu panas sepanjang waktu bisa mengurangi masa hidup dia ,akua saya sendiri suhunya antara 24-28' c

-TANK MATE ; seperti semua jenis snakehead dia ga suka ada tankmate karena sifat teritorial'y, ditempat asal'y kata dr ralf britz (penemu pulchra tahun2007) setiap ditemukan pasti hanya ada satu pulchra disetiap tempat persembunyian , jadi set terbaik untuk pulchra yaitu species tank (satu akuarium satu ikan) coba cari di youtube mungkin banyak yang terlihat tidak apa2 menggabung channa dgn ikan lain tapi percayalah ga ada asap kalo ga ada api.

pengalaman saya coba di gabung 3 ekor diakuarium 60 cm saat pulchra masih ukuran 10 cm'an,hasilnya ga berhenti berantem dan biasanya menghasilkan "preman" satu ekor yg dominan keliatan dia bakal mulus dan yang lain siripnya robek2. dan semakin lama dia bukan ngejar2 tapi terlihat mencoba bunuh yg lainnya,saya pindah ke akuarium 1 meter jadi hanya flaring (buka insang kayak cupang)

-Ukuran Tank minimal 100 cm untuk single pulchra,120 cm untuk comm tank dgn pulchra lain,semakin besar semakin baik.
-SET UP : set dgn banyak kayu2an ,tanaman,batu2 buat sembunyi (1 ikan satu tempat sembunyi),ga disarankan akuarium polos seperti ditoko ikan , gabung channa walau satu jenis dalam satu akua minimal ada satu tempat dia bisa saling tidak terlihat satu sama lain secara visual,dan tempat dia lari ketika takut atau terancam.
Jangan lupa tutup akuarium karena semua jenis snakehead adalah jumper.
 -MAKANAN kalo kata dr ralf dihabitat aslinya ikan ga melimpah jadi makanan ga selalu ada makanya dia jadi opportunis kalo ada kesempatan dia caplok apa saja udang,serangga,ikan,kodok , saya sendiri kasih beberapa jenis makanan udang,ikan mas,lele,mujaer,nila,jangkrik,kecoak,cacing tanah,ulet jerman semakin variatif makin bagus.
dan ingat semua jenis snakehead adalah jumper ,jadi akuarium wajib ditutup rapat




Ini form pulchra sebenarnya









dasar akuarium saya oplos pake batu sungai,pasir malang,pasir silika,batu2 kecil biar terlihat natural,daun2 dari tanaman yang mati sengaja saya biarkan biar makin wild looking, tanaman saya pake low light plant biar ga gampang mati , label toko sih gantia, sama java fern
seperti diawal pos setup tank saya mencoba meniru mimik alam asli pulchra yg habitat'y berarus kencang,tapi dengan setup begini pulchra relatif kurang aktif dibanding dengan setup tank dengan volume air lebih besar dan dgn arus air pelan,jadi tergantung anda pilih yg mana.



arus'y didapet dari,filter internal yg tabung.

lebih baik sih konsep tank jgn sering2 diganti,jadi pikirkan baik2 semuanya,ga kaya pemain aquascape yg bisa rescape sering2 concern kita biar si channa'y sendiri ga stres. volume air saya tambahin lagi ,rencana mau masukin kayu sama tambahin tanaman.

30-09-2014
full tank shoot channa pulchra tank , tema swamp style
,dgn kayu yg cukup besar sampe nongol ke permukaan ,dan air diisi separuh aja , kayu yg nongol sengaja buat naruh jangkrik atau katak biar bisa idup didalam tank,mau liat channa loncat nyamber pakan idup ,setup'y bikin kayak gini.







VIDEO pulchra saya makan jangkrik




VIDEO pulchra saya,jantan sama anak2




contoh form channa pulchra difoto pakai camera resolusi tinggi (credit to eric er and tea shyi kai,very kind friend from singapore)


postingan ini berlanjut ke post dibawah,click link dibawah,dokumentasi breeding channa pulchra saya.
natural breeding channa pulchra



best regard

M.HIKO






























































27 komentar:

  1. mantaaap bos hiko sampe sedetail begitu

    BalasHapus
  2. hehe ,sugan manfaat jang batur ben

    BalasHapus
  3. asli enak bacanya bang, makasih ni ilmu nya, saya mau coba main channa tapi cari yang adult size nya ga gede banget soal nya tank ukuran 60x30x30

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah klo bermanfaat , uk tank segitu bisa buat andrao, orientalis,harcourtbutleri,gachua, bleheri..

      Hapus
  4. om .. chana ini perlu kena sinar matahari gk?

    BalasHapus
  5. Jadi 1 aquarium 1 ikan ya, tapi kalau ingin 1 aquarium 2 ikan(Channa pulchra) kira-kira berantem gak ya?

    BalasHapus
  6. Ukuran mksìmal pulcra smpe brapa bang

    BalasHapus
  7. mau tanya om hiko . setelah saya baca semua . saya belom paham mengenai ..
    1. ukuran ikan pulchra M dan F harus ukuran berapa idealnya?
    2. untuk pulchra yg belom pair cara penangananya gmana sampai jadi 1 tank dn berjodoh ?
    3. saat posisi sudah pair trus ikan melakukan tradisi berbentuk bulat2 itu dilakukan ikan jadi agresif seandainya klo berantem penangananya gmana ya ? klo sampe mati kan sayang sekali .
    trimakasih om hiko semoga sukses selalu

    BalasHapus
  8. Perbedaan pulcra, orca, orna apa sh bang?

    BalasHapus
  9. Mantap infonya detail banget

    BalasHapus
  10. Kalo red pulchra itu kaya apa om🙏

    BalasHapus
  11. Kalau cara menghilangkan hewan² kecil seperti kutu air di tank Pulchra itu pakai apa ya mas?🙏

    BalasHapus
  12. Bang tanya dong,chana pulchra saya ga gede"yah,chana yng lain dh up25-30cm,apa emang pulchra jenis chana yng lambat besarnya,

    BalasHapus
  13. Bang kalo semisal didalam satu tank itu isi nya satu pasang pulchra jantan&betina itu gimana ya soalnya saya masih pemula dan berminat mau melihara jenis itu dan sudah nyiapin tank nya ukuran 100cmx50cmx50cm. Mohon penjelasannya 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  14. Bang kenapa ikan saya dulu nya aktif terus mental preman dari kecil respon terus ,tapi skrg udah besar ukuran 12cm up kok diem terus apakah sakit atau stres? Atau mungkin dia udang ngerti ada arus?

    BalasHapus
  15. cara meninggikan dorsal pulcra gimana yha min

    BalasHapus
  16. Bagusnya kalo pulcra pakek pasir malang merah atau hitam min? Sama yg nomer berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer 2 kak. Kalo yg nomer 1 agak susah nyucinya

      Hapus
  17. Kang apa setiap ikan, khususnya pulchra itu ada masa birahinya?.. kalo keep satu ekor M/F, terus dia ga dapat pair(pasangan), itu kalo masuk masa birahi dia butuh mating ga ya?.. gimana ngatasi nya? Makasih info nya kang. Salam dr Sukabumi

    BalasHapus
  18. a kalo pulchra sama ikan sapu aman ga?,
    terus biar warna nya cepet nyala gimana yah?

    BalasHapus
  19. Setahun saya myanmar beriklim tropis bukan subtropis om

    BalasHapus
  20. channa bagus nya pakai pulcra bagus nya pakai filter atau tidak ya

    BalasHapus
  21. cara ngatasin pulcra yang mager gimana ya A?

    BalasHapus