Rabu, 10 September 2014

Channa Bankanensis "Bangka snakehead" Profil dan cara pemeliharaan

Copas tolong sertakan sumber , nulis blog itu juga seni ,jadi hargai tulisan orang !




Species name: Channa bankanensis

Synonym: Ophiocephalus bankanensis

Common name: Bangka Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 14 cm -30 cm

Environment: freshwater , tropis 24-28' c

Origin: Sumatra, Bangka Island,kalimantan (indonesia ),malaysia

Temperament: Aggressive


saya coba tulis pengalaman saya tentang channa bankanensis salah satu channa favorit saya , walau nama'y bangka snakehead sebenar'y tidak hanya ditemukan di bangka saja range distribusinya meliputi kalimantan,malaysia jg sebagian sumatera.
yang mesti diketahui ikan ini habitat aslinya aliran2 sungai kecil dalam vegetasi hutan yg berarus pelan juga rawa2,kebanyakan ditemukan di black water/air hitam ber ph rendah 5-6 ditempat yang  tanaman kadang tak mampu tumbuh dipenuhi kayu2 mati dan daun daun kering,dan ini menjadi penting untuk tahu habitat aslinya karena hampir semua jenis channa  yang sampai ketangan hobiis berasal dari tangkapan alam (wild catch)


kembali ke topik kita channa bankanensis, setup terbaik buat ikan ini adalah meniru abitat aslinya ,ukuran akuarium saya prefer 1 meter  biar lebih maksimal dia tumbuhnya.
note : IMO jenis ini kurang cocok untuk pemula.
selalu perhatikan suhu ,suhu semakin rendah nafsu makan dia juga berkurang,lebih baik pakai heater set di 28' c dijamin rakus , heater bukan barang mahal ditempat saya dibandung ada yg dibawah 20 ribu malah merek antah berantah,lebih baik beli yg bermerek tapi,kalo takut boros ga usah nyala setiap saat,cuma selalu cek suhu pake thermometer.

contoh setup tank bankanensis saya,pakai kayu akar dan daun2 kering (saya pake daun ketapang) itu bisa dilihat dibawah daunnya sampe bener2 habis haha

   


setup sebelumnya saya juga coba memakai tanaman air


sebetulnya untuk hampir untuk semua jenis snakehead semakin rimbun semakin bagus ,semakin banyak tempat sembunyi semakin bagus, MINIMAL ada 1 spot dalam akuarium dimana dia bisa sembunyi ketika merasa terancam atau takut,bisa pakai kayu bakau,kayu akar,batu2,pot,tanaman dll.

bankanensis bisa keluar berbagai form kadang gelap sekali,kadang gelap dengan gurat2 hijau,kadang terlihat merah ,kadang spot2 hitam dengan perut cerah,jadi setup pun sesuaikan dengan selera anda tergantung setup tank dan juga mood dia,saya sendiri sudah coba beberapa setup untuk bankanensis pakai dasar gelap '''pasir malang'',dasar putih pake pasir silica,penuh tanaman atau hanya kayu dengan daun daun mati,dan menghasilkan form patern yg berbeda beda seperti foto dibawah,sekali lagi ini dibawah ikan yang sama dengan set up akuarium yang berbeda.
*NOTE ,saya tidak sarankan memindah2kan channa ke akua lain atau ganti2 setup,bisa bikin ikan stres dimana stres pada channa salah satu penyebab mati paling sering apalagi pada species2 sensitif seperti channa pleurophthalma 'ocelated sankehead' (nama lokal selendang mayang,kerandang) dan channa bankanensis (makanya semoga riset kecil saya ini berguna bagi khalayak ramai yang berencana punya ikan ini)

dengan dasar cerah pasir silica

dibawah dengan dasar gelap 'pasir malang'




ini form salah satu yang paling saya suka

kadang bisa sangat gelap



above/top view channa bankanensis




seperti umumnya snakehead jenis ini juga sangat agresif, kalo sudah settle,apapun yang masuk akuarium pasti 'dihajar',ini pict saat dia berburu,seringnya gagal diabadikan soal'y cepet banget kejadiannya mana ga punya slr saya nya 








dua foto terupdate dari channa bankanensis saya (saya tulis ini september 2014,pic beberapa hari lalu,,sedang foto2 diatas random dari beberapa bulan kebelakang)



sekali lagi foto2 diatas adalah ikan saya sendiri dan saya ambil sendiri .
.update 30-09-2014

gigi2 tajam bankanensis,saya rasa cukup besar dibanding channa lain diukuran yg sama

bankanensis jantan (male) kiri kepala lebih besar perut lebih ramping,betina (female) kanan kebalikannya kepala cenderung bulat,perut lebih besar

beberapa variant bankanensis,beberapa bisa sampe 30 cm.
dibawah ini sebagian foto2 bankanensis yg menarik untuk diulas dapat dari google,beberapa pemilik'y saya tau dan kadang diskusi via FB atau MFK.


channa bankanensis dewasa , dengan form merah


punya hobiis inggris ian vinson

dibawah ini salah satu bankanensis terbesar yang pernah saya lihat di google,punya hobiis channa experts asal german pokoknya kelas berat deh pascal palle a. bangkanya 30 cm kata dia.




temui penulis di grup facebook "indonesia snakehead club" , real talk about snakehead,temui ratusan member snakehead keepers dari sabang sampai merauke ada kolom jual beli pada postingan disematkan..

clik link di bawah atau search pada kolom search facebook  "indonesia snakehead club"

indonesia snakehead club



best regard 
mahamaya hiko (m.hiko)

13 komentar:

  1. Salam kenal

    Mantav banget koleksinya masbro, dapet dari mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. salam kenal juga,saya dapet dari teman hobiis.

      Hapus
    3. Mungkin ada yg berminat channa lucius,channa bankanensis,channa plueuro dan channa maruliodes ..size mulai 8_ 10cm posisi di kalimantan Tengah..bisa wa ke 082282952996

      Hapus
  2. Untuk perawatan channa bankanensis baby sulit apa tidak om?
    Terus untuk perkembangan channa baby menjadi dewasa lama atau tidak?
    Sebelum nya terimakasih untuk masukan dan wawasan nya om hiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bankanensis terhitung lama besarnya,sulit engga itu relatif tapi ga gitu rekomen untuk pemula

      Hapus
    2. Kenapa tidak recommended untuk pemula, Om Hiko? Thanks

      Hapus
    3. Tipikal ikan ph rendah,agak sensitif

      Hapus
    4. Tipikal ikan ph rendah,agak sensitif

      Hapus
  3. Ikan saya aman om hiko di Ph 7.alhamdulillah sampai saat ini terhitung sudah 1bulan mau makan ikan Guppy

    BalasHapus
  4. Sya nemu ikan ini sma ankan ny, liat sekilas kyak toman tapi kok kecil, ngilangin rasa penasaran sya ambil anakan ny dari kecil ukuran kabel data hp, dan makan ny sya kasih cacing sutra sm kutir, dan skrang ukuran ny sdah sebatang rokok, klaw aquarium cuma pkek air sumur,daun ketapang,rumputan, batu karang, ga pernah pkek erator, air ny 1 bulan sekali sya ganti, alhamdulillah sampe skrng masih sehat dan nafsu mkn slalu ganas, KASIH MASUKAN NY OM?

    BalasHapus
  5. Bangkanensis jenis gold itu idaman saya😍


    BalasHapus
  6. Channa banka & channa lucius, jadi target favorit saya kalau mancing. Akhirnya saya paham dan tau beda C. Banka jantan&betina, nanti bisa coba untuk dijodohkan

    BalasHapus